Amerika

Trump Manfaatkan Kekuasaan untuk Bisnis Pribadinya

Selasa, 25 April 2017 – 07.05 Wib,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Kelompok advokasi konsumen nirlaba yang berbasis di Washington memperingatkan tentang pemberian kekuasaan yang luar biasa kepada bisnis perusahaan dan pengayaan bisnis pribadi Presiden Donald Trump oleh pemerintah. (Baca: Duet Maut Trump dan Kelompok Khilafah Hancurkan Timur Tengah)

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Senin, kepala Advokasi memperingatkan tentang pertemuan Trump yang intens dengan para eksekutif perusahaan dengan pejabat tinggi di pemerintahannya yang diduduki oleh mantan pebisnis.

“Kami hampir 100 hari memasuki administrasi Trump, dan jelas bahwa telah terjadi pengambilalihan perusahaan secara grosir oleh pemerintah,” kata Robert Weissman.

Sejak menjabat, Trump telah bertemu dengan hampir 200 eksekutif perusahaan saat membentuk kebijakan masa depan Amerika. Dia juga mengisi kekosongan di kabinetnya dengan orang-orang yang memiliki hubungan kuat dengan perusahaan Amerika, termasuk Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gary Cohn (Goldman Sachs), Sekretaris Negara Rex Tillerson (Exxon Mobil), Sekretaris Pertahanan James Mattis (General Dynamics) dan Sekretaris Transportasi Elaine Chao (Wells Fargo). (Baca: Pertemuan Senyap Trump dan Putra Mahkota Arab Saudi di Gedung Putih)

“Kepentingan perusahaan secara langsung mengarahkan kebijakan tentang segala hal. Sementara itu, Trump merendahkan jabatan presiden dengan mempromosikan brand miliknya, dan ketidakpantasan ini akan memastikan bahwa skandal besar akan menjerat pemerintahannya. Amerika belum pernah melihat hal seperti ini, dan kita hanya bertahan tiga bulan pertama,” Weissman mencatat.

Laporan tersebut selanjutnya mengkritik Trump karena menghancurkan peraturan perlindungan yang ditetapkan oleh mantan presiden AS Barack Obama, dengan mengatakan bahwa peraturan baru tersebut dapat melukai konsumen, lingkungan dan kesehatan masyarakat. (Baca: The Week: Peran Trump dalam Perang Rahasia dan Terlupakan di Yaman)

Trump telah menandatangani 13 keputusan Congressional Review Act yang disahkan oleh pimpinan Kongres OP yang dianggap hadiah untuk bisnis besar karena mereka akan memutar kembali peraturan yang ditetapkan oleh pemerintahan Obama dan ditentang oleh industri. Ini telah memberantas perlindungan untuk privasi broadband, Alaska. Satwa liar, kesehatan dan keselamatan pekerja, kesehatan perempuan dan arus sungai yang digunakan untuk membuang limbah penambangan batubara.” (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: