Internasional

The Guardian; Inggris Jegal Penyelidikan Kejahatan Saudi di Yaman

Selasa, 27 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Surat kabar Inggris “The Guardian” mengungkap peran yang dimainkan Inggris dalam menghalangi upaya Uni Eropa untuk menyelidiki kejahatan agresi Saudi di Yaman.

Kejahatan Saudi di Yaman

Surat kabar itu juga menyebutkan bahwa Belanda berusaha untuk menggalang dukungan luas atas usulan yang diajukan sebelumnya ke Dewan HAM PBB di Jenewa, dalam rangka untuk membentuk badan penyelidikan untuk mencatat sejumlah korban sipil di Yaman. (Baca: Perdagangan Senjata Antara Inggris dan Saudi Hanya Untuk Bunuhi Warga Yaman)

Guardian juga menulis bahwa Inggris tidak hanya menghalangi usulan Belanda, tetapi sengaja menggantinya dengan badan yang jauh lebih lemah dalam memberikan laporan mengenai kondisi Yaman.

Dalam konteks yang sama, surat kabar ini juga melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, pekan lalu menolak adanya penyelidikan internasional yang diprakarsai oleh organisasi “Human Rights Watch” terhadap situasi di Yaman.

Boris Johnson mengklaim bahwa negaranya telah memperkerjakan kelompok yang sangat beragam dan memberikan segala macam sumber informasi mengenai apa yang terjadi di Yaman. (Baca: Al-Qaida Dirikan Negara Kecil di Yaman Berkat Intervensi Inggris dan Amerika)

Surat kabar ini mengatakan, “Sesungguhnya upaya penghambatan yang dilakukan oleh Inggris menimbulkan banyak pertanyaan mengenai motif dibalik itu, terlebih Inggris menjual berbagai senjata canggih kepada Saudi senilai lebih dari 4 miliar dolar, dan Inggris pun berharap bisa menjual lebih banyak lagu”.

Pada akhir laporannya, The Guardian menyimpulkan, “Ahli hukum Inggris telah mengkritik peran negaranyadalam agresi di Yaman, dan menyalahkan pemerintah mereka karena telah memikul tanggung jawab besar atas kehancuran yang menimpa Yaman, serta menyerukan upaya lebih untuk mencegah ekspor senjata kepada Saudi”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: