Internasional

Terpojok di Irak, Sejumlah Pimpinan Senior ISIS Kabur dari Anbar

Senin, 23 Januari 2017 – 13.45 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANBAR – Petugas Intelijen di provinsi Anbar, Nazim al-Jugahifi pada hari minggu (22/01) mengungkapkan bahwa sejumlah pemimpin senior teroris ISIS yang mayoritas berasal dari luar wilayah barat provinsi ini telah melarikan diri dari wilayah-wilayah di provinsi Anbar barat.

Al-Jughaifi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Almaalomah (22/01) bahwa “para pemimpin senior ISIS yang mayoritas merupakan teroris asing yang berasal dari luar provinsi ini telah melarikan diri dari wilayah Anah, Rawah dan al-Qa’im di barat Anbar menuju wilayah-wilayah di Suriah karena perpecahan besar yang terjadi di antara para pemimpin kelompok teroris, yang mengakibatkan mereka meninggalkan pos-pos mereka dan tidak mematuhi perintah pimpinan tertinggi mereka yang  bersamaan dengan upaya pasukan keamanan Irak dan pasukan pendukungnya untuk menyerbu wilayah tersebut. (Baca: Pesawat Tempur Irak Gempur Gudang Senjata Besar ISIS di Anbar Barat)

Ia juga mengungkapkan bahwa “sejumlah pemimpin organisasi teroris di Suriah telah sampai ke wilayah ini untuk meredakan situasi namun semua upaya ini gagal setelah sejumlah pemimpin yang bertikai mengancam akan mengumumkan perang terhadap kelompok teroris lain dari salah satu begian kelompok teroris yang terpecah”.

Al-Jugahaifi juga menjelaskan bahwa “sumber yang dekat dengan organisasi teroris mengungkapkan bahwa tidak lama lagi akan terjadi pertempuran antara kelompok-kelompok teroris ini setelah gagalnya semua upaya yang dilakukan untuk meredakan situasi yang sulit bersamaan dengan parade militer yang dilakukan oleh kelompok-kelompok teroris sebagai sinyal akan besarnya pertikaian yang terjadi di antara anggota-anggota kelompok teroris”. (Baca: Jendral Irak: Mayoritas Komandan ISIS di Mosul Telah Tewas)

Kelompok teroris ISIS di Anbar barat ini terus terdesak dan mengalami berbagai kekalahan dan kemunduran. Belum selesai dengan masalah kaburnya sejumlah pimpinan senior mereka, mereka harus menghadapai berbagai serangan intensif yang dilancarkan oleh satuan tentara Irak yang menargetkan fasilitas-fasilitas militer mereka.

Sebagaimana yang dilaporkan media perang pada hari minggu (22/01) bahwa pasukan Irak telah berhasil menghancurkan pabrik peledak dan kendaraan lapis baja serta gudang penyimpanan senjata milik organisasi teroris ISIS di barat Anbar.

Media ini menyebutkan dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Almaalomah (22/01) bahwa “berdasarkan informasi Badan Intelijen Nasional menyebutkan bahwa pesawat tempur milik Angkatan Udara Irak telah melancarkan serangan udara yang berhasil menghancurkan gudang penyimpanan perlengkapan militer dan senjata milik ISIS dan menghancurkan pos-pos perkumpulan anggota teroris ISIS di wilayah al-Qa’im di barat Anbar. (Baca: Pasukan Irak Tumbangkan 3.300 Teroris di Mosul)

Pernyataan terssbut juga mengungkapkan bahwa “pasukan pemerintah Irak tersebut juga berhasil menghancurkan pabrik peledak dan kendaraan lapis baja milik anggota teroris ISIS dan membunuh anggota ISIS yang berada di dalamnya yang berbasis di wilayah al-Qa’im di barat Anbar sebagaimana informasi dari Badan Intelijen Nasional Irak”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: