Fokus

Teroris Terpojok, AS Segera Evakuasi White Helmets dari Quneitra

White Helmets, Suriah
White Helmets Suriah

SURIAH – AS dan sekutunya telah merencanakan evakuasi ratusan anggota White Helmets dan keluarga mereka dari provinsi Quneitra, disaat tentara SAA terus membersihkan daerah itu dari teroris anti-pemerintah, pejabat AS mengatakan kepada AP, seperti dilansir Almasdarnews (20/07).

Baca: Militan di Daraa Rame-rame Menyerahkan diri ke Tentara Suriah

Dua pejabat AS dalam kondisi anonim mengatakan rencana evakuasi dan menayatakan bahwa AS dan Inggris serta Kanada memimpin operasi untuk mengevakuasi anggota LSM dari Suriah ke negara-negara tetangga, dan kemudian ke negara-negara Eropa Barat termasuk Inggris, Jerman, Belanda, dan mungkin Kanada.

Para pejabat dan anggota kelompok mengatakan kepada AP, bahwa operasi itu kemungkinan akan segera terjadi karena desakan militer Suriah untuk mengusir militan dari selatan Suriah.

Baca: Tentara Suriah dan Sekutu Gebuk Teroris di Bukit Hara

“Ini adalah waktu yang sulit. Ini hari terburuk dalam hidupku. Saya berharap mereka dapat menyelamatkan kami sebelum terlambat,” kata anggota White Helmets.

Perencanaan untuk operasi dipercepat setelah pertemuan puncak NATO minggu lalu. Evakuasi ini diperkirakan akan berlangsung dari area kecil yang dikendalikan oleh militan yang tersisa antara Suriah dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, dekat garis yang dibuat Tel Aviv pada tahun 1974 setelah Perang Yom Kippur tahun 1973.

Baca: Video: Tentara Suriah Perang Habis-habisan di Tenggara Daraa

Sebelumnya, sumber-sumber militer yang berbicara kepada Sputnik memperingatkan bahwa pemantauan mereka terhadap kelompok itu membuat mereka menyimpulkan bahwa White Helmets mungkin sedang mempersiapkan serangan kimia bendera palsu baru di tengah kemajuan pasukan Suriah. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Israel Evakuasi White Helmets dari Suriah | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: