Internasional

Teroris ISIS dan Jabhat Al-Nusra Baku Tembak, Seorang Komandan Tewas

09 Maret 2016.

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Ditemukannya mayat salah seorang komandan kelompok teroris ISIS bernama Husam Trad yang biasa dijuluki “Abu Bakr Al-Qari”, berkewarganegaraan Suriah di daerah Al-Ajram di pinggiran kota timur laut Arsal dengan kondisi luka tembak di bagian kepala.

Seperti dikutip dari SyiriaNow (07/03), operasi penyisiran di daerah tersebut dilaksanakan saat diketahui telah terjadi perselisihan internal elemen kelompok teroris ISIS terkait pertempuran melawan Jabhat Al-Nusra. Nampak dari sebagian mereka enggan untuk bertempur menghadapi Jabhat Al-Nusra, pertikaian diantara mereka semakin meruncing sehingga berubah menjadi sebuah bentrokan bersenjata antara yang pro dan yang menolak pertempuran melawan Jabhat Al-Nusra, akibatnya salah satu komandan kelompok teroris itu tewas, sang komandan itu dikenal dengan julukan Abu Bakr Al-Qari. (Baca: HEBOH.. Serial Kejahatan di Irak, Pertemuan Rahasia Komandan AS dengan Pimpinan ISIS)

Diketahui Abu Bakr Al-Qari sangat memusuhi kelompok teroris Jabhat Al-Nusra, ia menolak rekonsiliasi dengan kelompok itu. Kemungkinan besar, sekelompok elemen ISIS yang menolak untuk berperang melawan Jabhat Al-Nusra berinisatif untuk menghabisi Abu Bakr. (Baca: Pesan Tentara Saudi Kepada Komandannya ‘Yaman Bukanlah Musuh Kami’)

Abu Bakr Al-Qari adalah komandan ISIS yang bertanggung jawab atas sel keamanan di kota Arsal, yang bertugas melakukan memantau warga atau penduduk kota yang berani menentang kelompok teroris ISIS, sebagaimana dilaporkan bahwa dia yang menghabisi Brigadir Yahya Zuhrah dari pasukan Al-Hurr dan yang menghabisi Abu Walid al-Maqdisi pasca dia menyatakan pensiun dari ISIS sebagaimana yang diutarakannya dalam sebuah rekaman audio.

Abu Bakr Al-Qari juga diketahui pernah memimpin sekelompok jihadis di pegunungan tandus Arsal yang berpartisipasi dalam pertempuran melawan tentara Lebanon dan yang memonitor pergerakan mereka. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: