Afrika

Teroris Boko Haram Bebaskan Puluhan Siswi yang Mereka Culik di 2014

Minggu, 07 Mei 2017 – 08.52 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ABUJA – Puluhan siswi Nigeria yang diculik oleh kelompok teror Takfiri Boko Haram dari kota Chibok di timur laut pada 2014 telah dibebaskan. “Jumlahnya besar,” ungkap asisten pribadi Presiden Muhammadu Buhari, Bashir Ahmad, dalam tweetnya Sabtu malam yang dikutip CBS News. (Baca: Boko Haram Ingin Dirikan ‘Khilafah’ Tapi Tak Bisa Ngaji dan Suka Narkoba)

“Saya tidak dapat memastikan bahwa mereka telah dibebaskan,” kata seorang menteri pemerintah yang tidak disebutkan namanya pada hari Sabtu (06/05), menambahkan bahwa sebuah pernyataan resmi akan segera dirilis. “Gadis-gadis itu dibebaskan melalui negosiasi dengan pemerintah,” kata pejabat lainnya.

Beberapa sumber menyebutkan jumlah gadis yang dilepas ada sekitar 80 sementara beberapa lainnya mengklaim 60 orang yang dibebaskan oleh para teroris. “Anak-anak perempuan itu sekarang tinggal di barak militer dan akan diterbangkan ke (ibukota negara bagian Borno) Maiduguri besok (Minggu),” kata seorang sumber militer. (Baca: Radikalisme dan Terorisme Adalah Buah Haram Wahabisme)

Lebih dari 20 gadis dibebaskan Oktober lalu dalam sebuah kesepakatan yang dinegosiasikan oleh Komite Palang Merah Internasional. Sejak itu, beberapa orang lainnya telah berhasil melarikan diri atau telah diselamatkan, namun 195 dianggap masih berada di tangan teroris.

Militan menculik 276 anak perempuan dari sekolah menengah di kota timur laut Nigeria pada bulan April 2014. Lima puluh tujuh anak perempuan berhasil melarikan diri, namun hampir 220 lainnya masih hilang dan upaya internasional untuk menemukan dan menyelamatkan mereka sejauh ini gagal. (Baca: Terorisme dan Wahabi Alat Barat-Saudi Hancurkan Islam)

Pada bulan Agustus, Boko Haram merilis sebuah video yang konon menampilkan beberapa gadis dan menuntut pembebasan kawan-kawan dengan imbalan kebebasan para korban penculikan. Seorang anggota kelompok bertopeng yang berbicara dalam rekaman tersebut mengklaim beberapa gadis masih hidup, dan yang lainnya terbunuh dalam serangan udara yang dilakukan oleh angkatan udara Nigeria di tempat persembunyian Boko Haram. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: