Internasional

Tentara Suriah Kuasai Sumber Mata Air dan Kota Basimah di Wadi Barada

Sabtu, 14 Januari 2017 – 18.46 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Menurut sebuah sumber lapangan di Suriah mengungkapkan bahwa tentara Suriah pada hari jumat (13/01) telah berhasil menguasai sepenuhnya kota Basima di wilayah Wadi Barada, di utara Damaskus yang menjadi saksi dari pertempuran yang terus menerus berlangsung sejak beberapa minggu lalu. (Baca: Anak-anak Terancam Terkena Penyakit Akibat Krisis Air Parah di Suriah)

Sumber tersebut juga mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Sputnik (14/01) bahwa “tentara Suriah telah berhasil menguasai Ein al-Fejeh yang merupakan sumber air yang menyuplai air minum ke ibukota Damaskus dan pedesaannya”. Selain itu, ”tentara Suriah saat ini berhasil membersihkan ranjau-ranjau yang ditanam oleh para teroris di berbagai wilayah sebelum mereka melarikan diri”.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa “bagian pemeliharaan negara akan segera mulai bekerja untuk merekonstruksi sumber air al-Fejeh dan dengan demikian Ein al-Fejeh akan kembali memompa air dan menyuplainya sebagaimana sebelumnya”. (Baca: Kepala CIA Akui Keterlibatan AS Ciptakan Perang Suriah)

Sementara itu, gubernur wilayah Damaskus mengatakan kepada saluran televisi resmi Suriah bahwa “para insinyur telah memasuki stasiun pemompa air yang rusak di wilayah yang dikuasai oleh para teroris, dan dengan hal ini maka pasokan air akan segera dialirkan kembali ke Damaskus.”

Selain itu, tentara Suriah dan kelompok oposisi bersenjata telah sepakat untuk mengumumkan gencatan senjata di wilayah Wadi Barada yang telah sepakati tanpa campur tangan PBB, sebagaimana yang dilaporkan saluran berita televisi Suriah.

Saluran berita Suriah pada hari jumat (13/01) mengungkapkan bahwa “kesepakatan ini mencakup 10 desa dan juga 1.200 militan. Pemerintah Suriah dan pihak yang berwenang telah mengatasi situasi sulit ini tanpa campur tangan ataupun kehadiran PBB”. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kejahatan Terbaru ISIS yang Sengaja Pompa Air Untuk Banjiri Aleppo Timur | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: