Fokus

Tentara Suriah dan Sekutunya Kepung Teroris ISIS di Kota Al-Bab Suriah

Rabu, 08 Februari 2017 – 09.28 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Tentara Suriah dan sekutu-sekutunya telah mengepung kota al-Bab di pedesaan timur laut Aleppo di mana operasi perisai Furat yang digalakkan Turki gagal mencapai penyelesaian setelah lebih dari lima bulan berlalu. (Baca: Tentara Suriah Sukses Hancurkan Markas Militer dan 2 Pesawat Mata-mata ISIS)

Berdasarkan laporan dari wartawan kami, tentara Suriah dan sekutu-sekutunya sekali lagi telah membuktikan bahwa mereka adalah poros utama dalam memerangi terorisme di Suriah, dengan berbagai prestasi di medan pertempuran yang dicapai di semua lini dan perlawanan terhadap berbagai kelompok teroris yang aktif di Suriah. Dan setelah kemenangan besar di Aleppo, akan tercipta kemenangan baru di pedesaan di timur laut Aleppo, khususnya di kota al-Bab di mana tentara Suriah dan sekutu-sekutunya telah berhasil mengepung kota ini yang di dalamnya dikuasai oleh kelompok teroris ISIS. (Baca: Turki Alami Kerugian Dalam Perang Melawan ISIS di Al-Bab)

Tentara Suriah dan sekutu-sekutunya telah bergerak maju dari sisi selatan kota al-Bab setelah mereka berhasil menguasai kota Ausiyah, Arran dan Touman mengarah ke jalan yang menghubungkan al-Bab dengan Raqqa serta Deir Ezzur dan dengan ini mereka telah berhasil mengepung kota al-Bab di mana pasukan dari operasi Perisai Furat yang didukung Turki berusaha untuk mengepung kota ini dari sisi utara melalui kota Qabasin dan Bza’a. (Baca: Tentara Suriah Ancam Oposisi 1X24 Jam Agar Enyah dari Idlib)

Dengan berhasilnya pengepungan kota al-Bab dan terputusnya jalan yang menghubungkannya dengan Raqqa yang merupakan benteng bagi organisasi teroris ISIS, maka kota ini siap untuk menjalani operasi militer untuk mebersihkannya dari teroris ISIS.

Proses untuk sampai ke kota al-Bab adalah perjalanan yang dimulai dari jauh, di mana tentara Suriah beserta sekutu-sekutunya terlebih dahulu harus membebaskan banyak wilayah sebelum bisa sampai ke pinggiran kota al-Bab, dan hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi tentara Suriah jika dibandingkan dengan operasi Perisai Furat yang digalakkan Turki yang telah dimulai pada bulan Agustus 2016 lalu dengan partisipasi dan dukungan militer yang besar dari Turki namun operasi Perisai Furat Turki ini tidak bisa mencapai prestasi yang bisa menandingi prestasi penting yang telah dicapai tentara Suriah dan sekutu-sekutunya dalam waktu yang singkat. Para pengamat mengatakan bahwa kenyataan ini menjelaskan posisi Turki terkait kota al-Bab dan berbicara tentang penyelesaian situasi di sana yang belum jelas arahnya. (Baca: KALAH TELAK, Teroris ISIS Mulai Tinggalkan al-Bab Wilayah Utara Suriah)

Prestasi yang dicapai tentara Suriah ini menegaskan sekali lagi apa yang telah diumumkan oleh Damaskus bahwa pembebasan kota al-Bab adalah masalah kedaulatan dan terjadi dalam rangka memerangi terorisme yang berarti bahwa hal ini jauh dari motif politik untuk membersihkan beberapa orang yang berada dalam ruang penjagaan dari beberapa kecenderungan regional dan internasional, seperti dilansir oleh Middle East Panorama (07/02).

Meluasnya fakta ini memperlihatkan desakan Damaskus dan sekutu-sekutunya untuk mengakhiri pengumpulan dokumen al-Bab meskipun ini dipandang sebagai garis merah Turki, terutama karean sikap Turki yang tidak menunjukkan bahwa pertempuran ini akan menjadi hal yang menekan pada perubahan dokumen Suriah. Dan perlunya diperkuat pendekatan resolusi di lapangan di seluruh bagian Suriah bersamaan dengan diselesaikannya proses rekonsiliasi di lebih dari satu tempat dan hal ini sebagai dasar bagi negosiasi politik untuk mengakhiri krisis Suriah yang akan menentukan dasar perundingan yang sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. (SFA)

4 Comments

4 Comments

  1. Pingback: Tentara Suriah dan Sekutunya Kepung Teroris ISIS di Kota Al-Bab Suriah | ISLAM NKRI

  2. Pingback: WOW! Pasukan Suriah di Muka Gerbang Kota Al Bab Markas ISIS | SALAFY NEWS

  3. Pingback: Siap Habisi ISIS, Tentara Suriah Sudah Berada di Muka Gerbang Kota Al Bab – VOA ISLAM NEWS

  4. Pingback: Siap Habisi ISIS, Tentara Suriah Sudah Berada di Muka Gerbang Kota Al Bab | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: