Internasional

Tentara Irak dan Suku Kompak Rebut Kota yang Dikuasai Teroris ISIS

Jum’at, 06 Januari 2017 – 18.26 wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Pasukan Irak dan pejuang Al-Hashd al-Asyaair beserta beberapa suku di Irak telah melancarkan operasi militer yang luas untuk merebut kembali kota-kota yang masih dikuasai ISIS di dekat perbatasan Suriah, di barat Negara Irak.

Komandan Operasi Anbar, Mayor Jenderal Qasim al-Muhammadi mengatakan bahwa “pada hari kamis pagi (05/01) telah dilancarkan operasi pembebasan wilayah-wilayah barat dari penguasaan dan kendali ISIS di Anbar”. Dan operasi ini melibatkan pasukan militer Irak divisi ketujuh, polisi setempat dan polisi Anbar, dan anggota Al-Hashd al-Asyaair yang berafiliasi dengan Hashd al-Shaabi dan dengan dukungan pesawat koalisi internasional”.

Mohammadi mengatakan bahwa wilayah barat yang menjadi target pembebasan adalah kota Anah, Rawah dan al-Qaim yang terletak di tepi Sungai Furat,  Ia menegaskan bahwa pasukan gabungan ini mulai bergerak maju dari kota Haditha 160 km sebelah barat kota Ramadi menuju kota Anah 190 km sebelah barat kota Ramadi yang lebih dari satu arah.

Sementara itu, organisasi teroris ISIS tidak mampu menguasai kota Haditha ketika mereka berhasil menguasai sebagian besar kota-kota di provinsi Anbar pada tahun 2014.

Letnan Kolonel Nazim al-Jughaifi dari kelompok pejuang suku di kota Haditha mengatakan bahwa “operasi untuk membebaskan wilayah-wilayah barat telah dilancarkan dan pasukan keamanan serta pejuang al-Hashd al-Asyaair mulai bergerak maju dari 4 arah menuju pusat kota Anah untuk membebaskannya dari teroris ISIS”, seperti dilansir oleh Arabic.rt (06/01).

Provinsi Anbar meliputi daerah gurun yang luas yang berbatasan dengan Suriah, Yordania dan Arab Saudi. Situasi kemanan di wilayah Anbar masih rapuh dan rawan meskipun sebagian besar wilayahnya telah dibersihkan dari ISIS. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: