Eropa

Tanggapan Putin Atas Kecelakaan Jet IL-20 Rusia di Suriah

Konpers Putin
Vladimir Putin dan PM Hungaria

WASHINGTON – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa itu tampak seperti “rantai peristiwa acak yang tragis” di balik kecelakaan IL-20 di Suriah. Dia membuat komentar selama konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban di Moskow pada hari Selasa, seperti dilansir Almasdarnews (18/09).

Baca: Rusia Cegat Sejumlah Rudal di Latakia, Tartous

Putin mengatakan bahwa insiden ini berbeda ketika jet tempur Turki menenggelamkan SU-24 Rusia di dekat perbatasan Turki pada 24 November 2015, karena “jet Israel tidak turun dari kami” dan bahwa tanggapan Rusia “akan ditujukan untuk memberikan tambahan keamanan untuk anggota layanan kami dan fasilitas kami di Republik Arab Suriah.”

Baca: Rusia Bantah Klaim Serangan di Idlib

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pada hari Selasa bahwa pesawat Il-20 Rusia hilang setelah F-16 Israel menggunakannya sebagai penutup selama serangan rudalnya terhadap sasaran-sasaran Suriah. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, empat jet tempur F-16 Israel menyerang sasaran-sasaran Suriah di dekat kota Latakia pada Senin malam, setelah mendekatinya dari Laut Mediterania.

Baca: 5 Jet Tempur Rusia Serang ISIS di Lima Wilayah

Pasukan Pertahanan Israel dalam twett-nya mengatakan, “Israel mengungkapkan kesedihan atas kematian kru pesawat II-20 Rusia yang jatuh malam ini karena rudal anti-pesawat Suriah. Israel menunjuk rezim Assad, dimana militernya menembak jatuh pesawat Rusia, sepenuhnya bertanggung jawab atas insiden ini.”

Pemerintah Suriah belum mengomentari tuduhan yang diarahkan kepadanya. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kemenlu Rusia Panggil Dubes Israel ke Moskow | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: