Eropa

Tamparan Keras Menhan Rusia: Strategi AS di Suriah Tidak Jelas

Sergei Shoigu
Menhan Rusia, Sergei Shoigu

MOSKOW – Amerika Serikat tidak memiliki strategi yang jelas untuk Suriah, kata Menteri Pertahanan Rusia, Jenderal Sergei Shoigu, seperti dilansir FNA (11/07).

“Karena anggota parlemen AS dan para ahli telah menyerukan kepada pemerintah AS guna memperjelas strateginya di Suriah, maka negara kami bukan satu-satunya yang tidak mendapatkannya,” kata Shoigu dalam sebuah wawancara dengan harian Giornale Il Italia yang diterbitkan pada hari Rabu.

Baca: Menhan Rusia di Israel, Operasi Anti Teroris di Suriah Akan Segera Berakhir

Dia menambahkan bahwa “jika ada beberapa dasar untuk tindakan rekan-rekan Amerika kami di Suriah, itu terlalu bertentangan untuk disebut sebuah strategi.”

Menteri Pertahanan Rusia menunjukkan bahwa Washington telah mengubah pandangannya tentang kehadiran militer AS di Suriah. “Saya ingin mengingatkan bahwa pada awalnya, alasan mereka adalah tentang mengalahkan ISIS, kemudian tentang mencegah munculnya kembali ISIS dan sekarang pernyataan sedang dibuat tentang perlunya melestarikan kehadiran militer di Suriah untuk mencegah pengaruh dugaan Iran,” Shoigu berkata.

Baca: Permintaan Kemanusiaan Kadyrov Kepada Menhan Rusia, Selamatkan Anak-anak di Suriah-Irak

Menurut dia, “seseorang tidak bisa tidak berpikir bahwa tujuan utama Amerika Serikat di Suriah adalah untuk mencegah situasi dari stabilisasi, kemudian memperpanjang konflik dan merusak integritas teritorial negara dengan menciptakan daerah-daerah yang tidak dikontrol oleh pemerintah di daerah-daerah terpencil Suriah. ” Shoigu menambahkan bahwa militan yang telah menerima pelatihan di wilayah Suriah yang dikuasai AS berperang melawan tentara Suriah, mendapatkan cukup senjata dan amunisi.

Menteri pertahanan Rusia juga menekankan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, AS tidak mengeluarkan satu sen untuk membantu warga sipil di Suriah, khususnya di kota Raqqa.

Baca: Menhan Rusia Umumkan “Perang” dengan NATO dan Barat

“Disisi lain, tidak ada satu kejadianpun tercatat selama operasi pasukan Suriah untuk membebaskan berbagai daerah. Kegiatan pembersihan ranjau dan bom terjadi di sana, orang-orang menerima bahan makanan dan konstruksi yang mereka butuhkan untuk melanjutkan kehidupan yang damai sesegera mungkin, “Menteri Pertahanan Rusia mengatakan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: