Headline News

TAKLUK! Saudi Berikan Jaminan Tertulis Keamanan Haji Bagi Warga Iran

Jum’at, 07 Juli 2017 – 10.08 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Menteri kebudayaan Iran mengatakan bahwa Arab Saudi telah memberikan “jaminan tertulis” yang menerangkan pihak kerajaan akan memenuhi semua persyaratan Teheran sehubungan dengan memastikan keamanan bagi peziarah Iran dalam musim haji yang akan datang. (Baca: Jaga Keamanan, Iran Berikan Gelang Elektronik Bagi Jamaah Hajinya)

Berbicara kepada wartawan di sela-sela pertemuan kabinet pada hari Kamis, Reza Salehi Amiri menggarisbawahi tekad Teheran untuk mempertahankan “martabat” peziarah haji Iran.

“Untuk tujuan ini, kami telah mengambil semua jalan yang mungkin. Pihak Arab Saudi menerima syarat yang diminta oleh Iran untuk (memastikan) keamanan jamaah haji dan diberi (jaminan) secara tertulis, “tambahnya. (Baca: Kerajaan Saudi Larang Umat Islam Iran Laksanakan Haji 2016)

Menteri kebudayaan tersebut mengatakan bahwa Iran saat ini telah mengirim tim medis dan logistik yang berbeda ke kota suci Mekkah dan Madinah, mencatat bahwa kelompok pertama peziarah Iran akan dikirim ke Arab Saudi pada tanggal 31 Juli.

“Kami biasanya memantau situasi dan jika ada kemungkinan terjadinya insiden, kami akan menindaklanjutinya di tingkat lembaga tertinggi Iran,” jelas Salehi Amiri. (Baca: Rakyat Iran Kembali Melaksanakan Haji Tahun Ini)

Pada bulan Januari, Kementerian Kebudayaan Iran menanggapi sebuah undangan resmi oleh Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan membahas dimulainya kembali ziarah haji bagi orang-orang Iran dan menyampaikan gagasan dan kekhawatiran Iran kepada pihak Saudi. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: