Nasional

TAK ETIS, Kritikan Pedas Yusuf Muhammad kepada Fanpage KataKita

Minggu, 04 Maret 2018 – 07.08 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Kritikan pedas pegiat media sosial Yusuf Muhammad di akun fanpage facebooknya kepada Fanpage KataKita yang sering buat gambar yang tidak mencantumkan sumber berita, berikut isi suratnya:

Dear Admin KataKita.

Saya sering perhatikan tulisan yang diposting di fanpage KataKita dan itu banyak dari berbagai macam sumber. Biasanya tulisan yang diangkat adalah yang punya potensi menjadi viral dan menarik dikomentari.

Baca: WOW! Surat Kritik Terbuka Yusuf Muhammad Kepada Ustadz Abdul Somad

Namun sayang, setelah sekian lama saya perhatikan ternyata Admin KataKita ini curang, tidak fair, egois, dan tidak beretika sama sekali. Entah disengaja atau tidak, namun jika saya perhatikan, setiap postingan tulisan yang dicopas selalu tidak disertai sumber penulisnya.

Biasanya admin KataKita melampirkan sumber hanya berupa copian link saja tanpa ada penjelasan link apa yang dimaksud. Itu pun kadang linknya tidak bisa dibuka dan jarang sekali ada pembaca yang mau buka link yang dicantumkan oleh Admin KataKita di bagian terakhir postingannya.

Berikut ini tulisan dari saudara Birgaldo Sinaga yang tema-nya “Antara Ahok, Buni Yani dan Jonru”. Tulisan tersebut dicopas oleh admin KataKita dan parahnya nama penulis dihilangkan. Sungguh sangat disayangkan jika admin KataKita bertindak seperti itu. Memalukan dan tak beretika sama sekali. Curang!

Baca: Yusuf Muhammad: Jokowi Presiden Rakyat

Jujur saya sendiri tidak pernah share postingan di KataKita, mengapa? Karena kebanyakan itu hasil copasan. Saya lebih senang men-share dari sumber asli tulisannya.

Tulisan saya sendiri juga pernah beberapa kali dicopas oleh admin KataKita, namun lagi-lagi ya begitu, nama penulis (sumber) tak ditulis bahkan sengaja dihilangkan. Mengapa bisa begitu? Apa yang dialami saudara Birgaldo juga pernah saya alami. Jadi tulisan saya ini sebagai masukan buat admin KataKita.

Kalau memang admin KataKita tidak bisa menulis sendiri, mbok ya hargai tulisan orang lain tanpa harus memasung nama penulisnya! Infokan yang jelas sumber copasan Anda. Paham?.

Baca: Yusuf Muhammad: Aher Kader PKS Gubernur Dzalim dan Tak Berakhlaq

Birgaldo Sinaga juga angkat bicara terkait hal tersebut, “Terima kasih mas Yusuf Muhammad. Ini memang sudah berulang kali KataKita tidak etis dan manipulatif. Sering diingatkan oleh banyak penulis seperti Linda Latumahina. Tulisan saya sering dikutip tapi isinya tidak sesuai aslinya.

Mereka punya motif dan niat tidak fair dan gentle. Ini sungguh menyedihkan. Alih-alih mau membuat perubahan mental, mental admin KataKita juga semuanya tidak punya integritas. Sangat memalukan. Tindakan dengan niat yang baik tapi dengan cara curang itu tdk baik hasilnya. Semoga ini yang terakhir kali. Salam perjuangan penuh cinta”. (SFA)

Sumber: Akun Fanpage Facebook Yusuf Muhammad

1 Comment

1 Comment

  1. Lusi

    March 4, 2018 at 11:45 am

    saya selalu melihat ada link hidup di setiap copasannya admin katakita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: