Eropa

Tak Ada Keseriusan Rezim Turki Selesaikan Krisis di Suriah

Sabtu, 02 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Gennady Gatilov, menuntut kepada rezim Turki agar segera menutup perbatasan bertujuan untuk menghentikan aliran elemen teroris menuju Suriah, serta menuntut agar memainkan “peran konstruktif” dalam solusi politik untuk krisis disana. (Baca: Nuri Maliki: Turki Pertontonkan Kemunafikan Dalam Perangi ISIS)

Sebelumnya, wakil Rusia dalam pertemuan dengan Kelompok Kerja Internasional yang mendukung upaya penghentian permusuhan di Suriah, Alexander Zorin, menegaskan dua hari lalu bahwa rezim Turki tidak merespon sejumlah seruan dan resolusi internasional seperti mengambil tindakan yang diperlukan berupa penutupan perbatasan Turki-Suriah untuk mencegah aliran teroris, ia juga mencatat bahwa kelompok teroris Jabhat Al-Nusra saat ini sedang menunggu instruksi Turki untuk penggunaan seratus roket yang diperoleh mereka baru-baru ini.

Wakil menteri luar negeri Rusia itu menyampaikan kepada wartawan kemarin di Moskow “kami masih mencatat bahwa ada masalah mobilisasi para teroris melewati perbatasan Turki-Suriah sehingga mempersulit situasi di dalam secara keseluruhan”, ia mencatat bahwa “Moskow berharap agar Ankara segera merespon masalah ini”. (Baca: Rusia: Turki Kirim Tank Canggih dan Ratusan Rudal Anti Pesawat Kepada Teroris di Suriah)

Gatilov mengatakan “kami ingin melihat keseriusan pihak Turki dalam memainkan peran positifnya untuk mencari solusi krisis Suriah dan bertindak sebagai pemain regional yang penting dengan cara yang positif”. (Baca: Analis: Sekjen Hizbullah Buyarkan Mimpi Erdogan di Suriah)

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menegaskan bahwa para teroris dan sejumlah truk sarat senjata masih terus menyeberangi perbatasan Turki-Suriah, ia juga kembali menyeru Moskow agar menutup perbatasan Turki guna menghentikan penyelundupan senjata dan para teroris sebagai bentuk pelaksanaan resolusi Dewan Keamanan PBB. (SFA)

Sumber: Sana.sy

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: