Headline News

Tahrir al-Sham Kirim Delegasi ke Ankara, Bahas Intervensi Turki di Idlib

Senin, 15 Mei 2017 – 00.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Menurut saluran televisi Al-Mayadeen, kelompok teroris Tahrir al-Sham  yang berafiliasi dengan Jabhat al-Nusra (cabang al-Qaeda di Suriah) telah mengirim sebuah delegasi ke Turki untuk membahas kemungkinan intervensi Turki ke provinsi Idlib. (Baca: Turki-Qatar Pasok Senjata Ganas ke Teroris untuk Kacaukan Timur Tengah)

Selanjutnya, kelompok Tahrir al-Sham (HTS) telah memperkuat pasukannya di beberapa daerah di desa bagian barat dan utara Idlib serta menggandakan jumlah pos pemeriksaan di jalan antara Idlib dan Salkeen, serta mengerahkan banyak senjata berat. HTS juga membangun benteng dan menanam ranjau di jalan.

Menurut laporan yang belum dikonfirmasi, HTS menuntut Ahrar al-Sham untuk mundur sepenuhnya dari pedesaan barat Idlib selama 48 jam berikutnya. Tampaknya HTS khawatir bahwa militer Turki mungkin akan menggunakan daerah yang dikuasai Ahrar al-Sham sebagai pijakan untuk menyerang HTS di wilayah barat Idlib. (Baca: Operasi Kotor Saudi, Qatar dan Turki di Balik Aksi Terorisme Dunia)

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), Sheikh di Idlib saat sholat Jum’at memberi peringatan atas intervensi Turki. Mereka juga menggambarkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai “punk”. Mereka juga mengatakan bahwa strategi Turki adalah proyek penguasaan daerah yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kekhalifahan Utsmaniyah dan orang-orang Suriah harus menghadapi usaha Turki ini.

Sementara itu, kelompok lain Sheikh di Turki dan Suriah mulai menjalankan sebuah pernyataan yang mencakup sebuah “fatwa” yang mengizinkan dan menyambut operasi militer Turki di Idlib. (Baca: Riyadh Haddad: Turki Ciptakan Dua Kelompok Teroris Baru di Suriah)

Perlu diingat bahwa HTS pernah mengeluarkan sebuah statement yang menyatakan niatnya untuk melawan pasukan Turki yang memasuki Suriah dan pihak manapun yang bekerjasama dengannya. (SFA)

Sumber: Southfront

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: