Headline News

Suriah Perkuat Pertahanan Udara Dekat Dataran Tinggi Golan

Perbatasan Lebanon Suriah

SURIAH – Tentara Suriah telah memperkuat sistem pertahanan anti-pesawat di dekat daerah perbatasan Dataran Tinggi Golan, untuk melawan potensi serangan dari Israel, seorang komandan pemerintah pro-Suriah mengatakan, seperti dilansir PressTv (12/06).

Baca: Baku Tembak Tentara Suriah dan Israel di Dataran Tinggi Golan

Komandan, yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa bahwa militer akan mengerahkan pertahanan tambahan dalam beberapa hari mendatang.

Tentara Suriah telah menempatkan senjata Pantsir S1 buatan Rusia dalam upaya untuk “memperbarui sistem pertahanan udara untuk mencegah serangan Israel pada tingkat pertama,” kata komandan itu. Sementara itu, pasukan militer Suriah bersiap-siap untuk menyerang kelompok militan di perbatasan Israel dan Yordania.

Baca: Rusak Pembicaraan Damai, Teroris Bunuh 20 Anggota Komite Perdamaian

Komandan itu juga menekankan bahwa pangkalan sepenuhnya dipersiapkan untuk serangan di barat daya, tetapi pasukan pemerintah saat ini fokus pada penghapusan kantong teroris ISIS Takfiri dekat kota Suwaydah yang dikuasai pemerintah.

Israel ingin pasukan sekutu Suriah seperti gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon menjauh dari Dataran Tinggi Golan, tetapi pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan kelompok itu akan mempertahankan kehadirannya di Suriah selama Damaskus menginginkannya.

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Mualem mengatakan Damaskus berusaha membebaskan daerah-daerah barat daya negara itu dari kelompok-kelompok militan melalui pemukiman, di mana para pemberontak dapat menerima aturan pemerintah atau menarik diri dari daerah tersebut.

Rezim Israel melancarkan perang skala penuh terhadap wilayah Arab pada tahun 1967, menduduki Tepi Barat, Perkebunan Shebaa Lebanon, dan wilayah pegunungan Dataran Tinggi Golan yang bergunung-gunung.

Baca: Takut Serangan Balasan Suriah, Israel Sebar Rudal Patriot di Dataran Tinggi Golan

Komando tentara Suriah mengatakan mereka berhasil menghancurkan bagian terbesar dari “gelombang beruntun” roket Israel yang ditembakkan ke pangkalan militer di negaranya.

Kembali pada 10 Mei, Israel melakukan apa yang disebut serangan udara paling intensif di Suriah dalam beberapa dekade. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Israel telah menggunakan 28 pesawat tempur dalam serangan ke Suriah dan menembakkan 70 rudal. Baik Damaskus dan Moskow mengatakan bahwa tentara Suriah berhasil menembak jatuh lebih dari setengah dari rudal tersebut.

Rezim Tel Aviv, pada saat itu, mengklaim bahwa serangannya sebagai tanggapan terhadap 20 roket yang ditembakkan dari Suriah ke pos-pos militer Israel di Dataran Tinggi Golan. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Koalisi AS Serang Pasukan Suriah di Deir Ezzor | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: