Internasional

Suriah Miliki Pertahanan Udara Terkuat di Dunia

Jum’at, 07 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Saat ini di wilayah Suriah telah dioperasikan sistem pertahanan udara Rusia yang merupakan sistem pertahanan udara paling kuat di dunia, sebagaimana Rusia sudah dikenal sebagai negara pembuat rudal pertahanan udara. Dan sejak perjanjian Rusia dengan Suriah, Rusia berusaha untuk melindungi langit Suriah dari serangan musuh.

Diketahui bahwa Rusia telah membuat sistem pertahanan udara generasi terbaru di dunia, yakni S-400, bahkan telah dikirim ke Suriah sebagaimana rudal S-300 juga telah dikirim ke Suriah sekitar tiga hari lalu. (Baca: WOW! Rusia Sebar Anti-Rudal di Suriah Hadapi Serangan Rudal AS)

Terdapat beberapa perbedaan antara sistem pertahanan udara Rusia S-300 dan S-400, dari segi modifikasi terakhir yang ada pada S-300V4 dan S-400 yang baru berisi rudal jarak jauh sedangkan sistem rudal S-300 mampu menjatuhkan pesawat dalam jarak 400 km.

Rudal S-300 menjadi rudal yang paling banyak dikembangkan dan rudal ini mampu mencegah rudal jelajah dan rudal balistik taktis serta serangan darat. Di samping itu, rudal S-300 4 dapat menghantam target udara dan ia termasuk anti rudal dari unit r Saudal balistik jarak menengah. (Baca: AS Serang Tentara Suriah, Rusia Keluarkan Rudal Kalibernya)

Adapun rudal S-400 Triumf bisa menjatuhkan semua bentuk unit serangan udara  termasuk pesawat, helikopter, dan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh,  roket jelajah dan roket balistik taktis  yang kecepatannya mencapai 4800 m/detik.

Radar yang dimiliki rudal ini melingkupi wilayah Suriah dan melacak segala sesuatu yang terbang, bahkan ia juga melingkupi wilayah Barat Irak, daerah pendudukan Israel, seluruh Yordania, utara Sinai di Mesir, dan sebagian besar wilayah udara Turki, termsuk Ankara dan bagian timur Laut Mediterania. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: