Fokus

Surat Penting Pemimpin Yaman kepada Putin

Mashat Yaman
Ketua Dewan Politik Agung Yaman, Mehdi Mashat

YAMAN – “Saba” agency milik pendukung Houthi melaporkan bahwa kepala Dewan Politik Agung di Sana’a Mahdi Mashat, mengirim surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti dikutip Arabicrt (19/07).

Mashat dalam suratnya menyinggung perkembangan perang di Yaman, dan apa yang dia sebut sebagai “eskalasi militer” terhadap negara-negara koalisi Arab, yang dipimpin oleh Arab Saudi, di pantai barat.

Baca: Mehdi Al-Mashat Ketua Baru Dewan Politik Yaman

Mashat, menurut kantor “Saba”, mengatakan bahwa “perang ini dipaksakan pada Yaman tanpa dasar atau pembenaran hukum, serta bertentangan dengan kebijakan dan ketentuan Piagam PBB. Perang ini merupakan pelanggaran semua hukum dan prinsip-prinsip hak asasi manusia dan hukum kemanusiaan internasional, itu merupakan serangan terang-terangan terhadap kedaulatan Yaman, serta ancaman bagi keamanan dan perdamaian regional dan internasional”.

Baca: Studi: 100 Ribu Serangan Saudi Sejak Perang Yaman

Dia menambahkan dalam surat itu bahwa “Pertempuran Pantai Barat yang dipimpin oleh UEA untuk mengontrol kota pelabuhan Hudaydah hanya bagian dari konspirasi terhadap Yaman dan negara-negara di kawasan itu, untuk memperketat kontrol atas pulau-pulau, pelabuhan, dan jalur-jalur penting laut di dunia dan mengubah Laut Merah menjadi laut Amerika dengan keistimewaan pengendalian bagian dari pergerakan perdagangan global dan jalur transmisi energi”.

Baca: Yaman: Raja dan Para Pangeran Saudi Tak Akan Aman dari Balasan Kami

Di akhir surat, yang diterbitkan oleh “Saba”, Mashat menyatakan harapan “Rusia menggunakan pengaruh internasionalnya untuk menghentikan agresi Koalisi Saudi dan mengangkat pengepungan pada orang-orang Yaman, serta membantu dalam pencapaian penyelesaian politik yang adil dan komprehensif yang merealisasikan aspirasi rakyat Yaman dan menjamin keamanan serta stabilitas di Yaman dan wilayah sekitar seutuhnya”.

Belum ada komentar resmi dari Moskow tentang surat ini. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: