Fokus

Surat ‘Busuk’ Israel kepada Riyadh Dukung Saudi Lawan Iran di Kawasan

Selasa, 21 November 2017 – 09.50 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ISRAEL – Media Israel mengatakan Tel Aviv menginformasikan kepada Riyadh bahwa pihaknya akan mendukung setiap rancangan resolusi di Dewan Keamanan yang mengecam “campur tangan Iran” di Lebanon dan wilayah tersebut.

Baca: Israel-Arab Saudi Kompak Hadapi Iran di Kawasan

Surat kabar “Israel Today” mengutip seorang diplomat Arab senior yang mengatakan bahwa Israel mengirim sebuah surat ke Arab Saudi, dan memberitahukan kepadanya bahwa Israel akan mendukung rancangan resolusi yang diajukan ke Dewan Keamanan yang menuntut “untuk mengecam intervensi Iran di Lebanon dan mengecam pengaruh Teheran terhadap stabilitas kawasan ini.”

Surat tersebut disampaikan setelah sebuah pertemuan darurat para menteri luar negeri Arab di markas Liga Arab di Kairo pada hari Minggu atas prakarsa Saudi guna membahas “campur tangan Iran” di Timur Tengah.

Baca: Arab Saudi Terang-terangan Jalin Kerjasama dengan Zionis Israel

Mantan Menteri Pertahanan Moshe Ya’alon mengatakan kepada chanel Israel kemarin bahwa “Bukan suatu kebetulan bahwa kita mendengar juru bicara Saudi -Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeir- berbicara dalam bahasa Arab apa yang kita katakan dalam bahasa Ibrani”.

Baca: Ulama ASWAJA Lebanon Jelaskan Fakta Siapa Hizbullah dan Sepak Terjangnya?

“Ada kemungkinan untuk membayangkan bahwa terjadi percakapan telepon antara Riyadh dan Yerussalem, dimana mereka mengkoordinasikan pesan yang sama”, kata chanel tersebut”. Dan kedua negara ini mengatakan hal yang sama.”

Dalam konteks yang terkait, Menteri Energi Israel Yuval Steinitz mengatakan bahwa “negara-negara Arab moderat” memberikan bantuan kepada Israel saat berperang melawan perjanjian nuklir dengan Iran. “Hubungan dengan dunia Arab moderat, termasuk Arab Saudi, membantu kita mengekang Iran,” katanya. (SFA)

Sumber: Al Mayadeen

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: