Nasional

Suhardi Alius: Program Deradikalisasi BNPT Akan Gandeng 17 Kementerian

Senin, 26 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, SUKOHARJO – Pemerintah menilai program deradikalisasi harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan sebanyak mungkin instansi lintas sektoral. Untuk merealisasikannya, dalam waktu dekat BNPT akan menggandeng 17 kementerian untuk ikut serta terlibat dalam program deradikalisasi. (Baca: BNPT Pantau Rencana Kedatangan Tokoh Teroris Jabhat Nusro ‘Muhammad A’rifi’)

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius, kepada wartawan di sela-sela acara penyerahan bantuan lampu hemat energi untuk kalangan pesantren di Pesantren Ulul Albab, Polokarto, Sukoharjo, Senin (26/9/2016). (Baca: Sidney Jones: Pergerakan ISIS di Indonesia)

“Sedang kami bahas intensif dengan 17 kementerian. Kementerian lintas sektor itu akan berbagi peran dan tanggung jawab di bidang masing-masing sehingga diharapkan akan lebih efektif. Selain itu juga akan berbagi anggaran sehingga BNPT juga sangat terbantu dari sisi anggaran,” ujarnya.

Suhardi memberikan gambaran, Kemendikbud bertugas menyusun kurikulum dan materi program deradikalisasi, Kemenag selanjutnya bertugas melakukan pendekatan kepada kelompok atau organisasi berbasis keagamaan, sedangkan Kemensos berperan dalam pelaksanaannya karena banyak kasus radikalisme bersumber dari kesenjangan sosial. (Baca: Surat ‘Ancaman’ Terbuka Pendukung Daulah Islamiyah kepada Pemerintah, TNI, Densus, BNPT, DPR, MPR)

“Harus dilakukan secepatnya karena memang butuh penanganan cepat, terutama untuk penanganan WNI yang ingin bergabung ke kawasan konflik di Suriah. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kemenlu untuk mendata mereka. Harus diakui pendataan WNI yang berangkat ke Suriah cukup rumit karena sebagian pergi membawa keluarga. Mereka harus segera dipulangkan dan dinetralisir,” lanjut mantan Kabareskrim ini. (SFA)

Sumber: DetikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: