Fokus

Sidney Jones: Paham Radikal Berkembang Pesat di Sekolah, Kampus, Pesantren dan Masjid

Paham Radikal marak di Kampus

JAKARTA – Sidney Jones, Direktur Institute for Policy Analysis of Conflict, memberikan catatan selama diskusi berjudul Mencegah Perkembangan Terorisme di Indonesia pada Kamis, 25 Mei 2018 di kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta.

Baca: Sidney Jones: Gerakan ISIS di Indonesia

Sidney Jones mengatakan bahwa radikalisme dan ekstremisme telah berkembang pesat. Banyak juga yang mengajarkan pemahaman ini di sekolah, kampus, pesantren, dan masjid. Karena itu, pemerintah harus membasmi ajaran ekstrem yang diajarkan melalui sekolah dan masjid.

Baca: BNPT: 7 Kampus Ternama di Indonesia Sarang Paham Radikal

Misalnya, seorang pesantren bernama Ibn Mas’ud di Bogor, Jawa Barat, yang merupakan “pabrik” pencetak ISIS jihadis. Pesantren ini, menghasilkan anak-anak yang ingin pergi ke Suriah. Orangtua anak-anak di pesantren telah ke Suriah dan mengindoktrinasi mereka dengan ideologi ekstrimis seperti dari keluarga pemboman gereja di Surabaya; Pemerintah telah menutup pesantren, tetapi mengapa tidak ditutup sejak lama; Masjid di Bekasi ada studi yang mengajarkan wawasan ekstrim.

Gerakan teroris sejak pembentukan milisi ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) berevolusi menjadi ideologi yang lebih militan dan definisi yang menjadi musuh mereka semakin meluas. Dalam banyak kasus, musuh teroris adalah Muslim yang tidak memiliki ideologi yang serupa dengan mereka.

Baca: Teroris Cilik Asal Ponpes Ibnu Mas’ud Bogor Tewas Saat Ikut Perang Bersama ISIS di Suriah

Ideologi ideologi ISF membenarkan mereka untuk membunuh polisi, apakah polisi itu Muslim atau non-Muslim. Karena definisi polisi menurut mereka bekerja untuk pemerintah thogut yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, sehingga mereka layak mati. Sebagian besar orang yang bergabung dengan kelompok pro-ISIS di Indonesia tidak menerima banyak pendidikan agama. (SFA)

Sumber: Ajaran Ekstremisme di Sekolah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: