Internasional

Sidang Perdana Mantan Menteri Israel yang Dicurigai Mata-mata Iran

Persidangan
Persidangan

TEL AVIV – Persidangan mantan menteri Israel, Gonen Segev, telah dimulai pada hari Kamis atas tuduhan memberikan data intelijen kepada pemerintah Iran, dalam sidang tertutup di kota Yerusalem, seperti dilansir Almaalomah (05/07)

Baca: Israel Dihantui Serangan Rudal Iran dan Hizbullah

Menteri Energi dan Infrastruktur Segev didakwa melakukan “spionase dan membantu musuh pada saat perang” antara tahun 1995 dan 1996, serta mentransfer informasi dengan maksud “membahayakan keamanan negara,” menurut surat dakwaan yang diterbitkan beberapa kutipannya.

Daftar itu menyatakan bahwa sejak 2012, ketika ia tinggal di Nigeria, ia telah memberi informasi tentang lokasi instalasi layanan keamanan Israel dan nama-nama petugas.

Media Israel mengatakan bahwa ia telah ditetapkan untuk menghapus sekitar 50 artikel dalam dakwaan karena alasan keamanan, dan itu berkaitan dengan bagaimana Segev memperoleh informasi yang diserahkannya kepada Iran dan tugas yang diberikan kepadanya.

Baca: Perang Mulut Israel dan Iran Semakin Memanas

Segev ditangkap pada Mei lalu di bandara Tel Aviv dan ditahan secara rahasia. Layanan keamanan Shin Bet tidak mengumumkan penahanannya hingga 18 Juni. Badan keamanan mengatakan dia telah diusir dari Guinea Khatulistiwa karena keterlibatannya tentang perdagangan narkoba.

Badan itu menambahkan bahwa Segev bertemu dengan pejabat Iran, yang telah berulang kali menghubunginya di berbagai negara dan memberikan mereka informasi tentang keamanan dan sumber energi.

Baca: Rouhani: Iran Bersumpah Akan Gagalkan Konspirasi AS, Israel dan Rezim Arab

Segev, seorang dokter yang terpilih sebagai wakil sayap kanan pada tahun 1992, dipilih untuk perjanjian Oslo kedua pada bulan Oktober 1995, yang memungkinkan Perdana Menteri Yitzhak Rabin untuk mendapatkan persetujuan Knesset untuk fase kedua dari perjanjian, yang seharusnya mengarah pada pembentukan negara Palestina. Dan kemudian diangkat menjadi Menteri Energi dan Infrastruktur di Partai Buruh. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: