Eropa

Setelah Dubes, Turki Usir Konsul Israel dari Istanbul

Konsulat Israel di Istanbul

ANKARA – Kementerian Luar Negeri Turki pada hari Rabu (16/05) meminta Konsul Jenderal Israel di Istanbul untuk meninggalkan negara itu dan kembali ke Israel untuk sementara waktu setelah kejahatan yang dilakukan pasukan Zionis Israel yang menewaskan lebih dari 60 warga Palestina dan melukai ribuan warga lainnya selama aksi protes di perbatasan Gaza, seperti dilansir Arabic.SputnikNews (16/05).

Baca: Turki Usir Dubes Israel dari Ankara

Kantor berita Anatolia Turki mengungkapkan bahwa Kementerian Luar Negeri Turki telah memanggil Konsul Jenderal Israel di Istanbul, Yossi Safri Levy pada Selasa malam (15/05) dan memintanya untuk meninggalkan negara itu.

Sebagaimana sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Turki juga telah memutuskan pada hari Selasa (15/05) untuk mengusir duta besar Israel untuk Ankara, Eitan Raya setelah kejahatan Zionis Israel terhadap rakyat Palestina yang tak berdaya.

Baca: BIADAB! Israel Bantai Pendemo Gaza, 55 Orang Tewas dan 2000 Terluka

Media Turki menyebutkan bahwa “Kementerian Luar Negeri Turki telah memanggil Duta Besar Israel untuk Ankara, Eitan Raya di Gedung Kementerian dan memberikannya sebuah protes resmi atas kejahatan yang terjadi di perbatasan Gaza dan memintanya untuk meninggalkan negara Turki”.

Baca: BIADAB! 10 Rudal Jet Tempur Israel Serang Pertanian di Jalur Gaza

Pada hari Senin lalu (14/05), Turki telah menyerukan pertemuan OKI untuk mebahas pengalihan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem dan mengumumkan penarikan kembali duta besarnya di Washington dan Tel Aviv berdasarkan kejahatan yang terjadi di Gaza yang menewaskan lebih dari 60 warga Palestina dan melukai ribuan orang lainnya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: