Internasional

Serangan Udara di Barat Laut Suriah Sikat Markas Utama Teroris

Kamis, 05 Januari – 01.45,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Sedikitnya 25 anggota dari “Jabhah Fath al-Sham” atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Jabhat al-Nusra telah tewas, termasuk pemimpin Jabhah Fath al-Sham akibat serangan udara yang menargetkan markas utama organisasi teroris ini di barat laut Suriah, sebagaimana yang diungkapkan oleh aktivis oposisi Suriah.

Menurut para aktivis, sebuah pesawat yang tak dikenal telah menyerang markas utama milik “Jabhah Fath al-Sham” yang dekat dengan kota Sarmada di bagian utara-barat pedesaan Idlib”. (Baca: Dua Petinggi Jabhat al-Nusra Tewas oleh Serangan Pesawat Tak Dikenal)

Mereka mengatakan bahwa serangan udara tersebut telah menewaskan sedikitnya 25 anggota Jabhah Fath al-Sham, termasuk para pemimpinnya yang tengah mengadakan pertemuan di dalam markas tersebut.

Jabhah Fath al-Sham dalam channel miliknya di aplikasi “Telegram” menuduh koalisi internasional yang melancarkan serangan tersebut.

Beberapa wartawan AFP mengatakan bahwa ada beberapa serangan yang juga menargetkan pos-pos teroris lainnya di wilayah kota Sarmada termasuk pos milik Jabhah Fath al-Sham. Para wartawan ini menyebutkan bahwa mereka melihat beberapa ambulan bergegas menuju lokasi-lokasi yang menjadi target serangan. (Baca: Malu Kalah oleh Tentara Yaman, Koalisi Saudi Lakukan Serangan Membabi-buta)

Beberapa kelompok utama teroris telah sepakat pada gencatan senjata yang dimulai sejak pertengahan malam hari kamis hingga jumat,  di bawah kesepakatan  yang telah dicapai oleh Moskow dan Ankara. Ini adalah kesepakatan pertama yang dicapai oleh Turki secara langsung, setelah AS sebelumnya yang menjadi mitra Rusia dalam kesepakatan gencatan senjata di Suriah.

Selain itu, kantor berita resmi Suriah “SANA” mengungkapkan bahwa 7 anggota Jabhah Fath Al-Sham juga telah tewas akibat serangan yang terpusat yang dilancarkan oleh tentara Suriah pada pos-pos dan markas milik organisasi teroris ini di utara provinsi Homs.

Kantor berita SANA mengungkapkan bahwa serangan udara dilancarkan pada hari selasa (03/01) di desa al-Mahattah dan Jawala’, dan serangan ini juga berhasil menghancurkan mobil yang membawa senapan mesin berkaliber 23 mm.

SANA juga menyebutkan bahwa para teroris yang tewas di antaranya adalah Mohammed Qosim al-Hajj, yang merupakan pemimpin salah satu kelompok bersenjata Jabhah Fath al-Sham.

Dilaporkan bahwa artileri yang ditembakkan tentara Suriah pada hari senin (02/01) berhasil menewaskan sejumlah anggota Jabhah Fath al-Sham di dekat Umm Syursyuh, diantaranya adalah Mustafa Ghalib al-Ahdab yang merupakan pemimpin gerakan “Sirriyah Hawin”, serangan ini juga berhasil menghancurkan mobil SUV yang dilengkapi dengan senapan mesin, sepertti dilansir oleh kantor berita Arabic.rt (03/01).

DI pedesaan di kota Homs utara banyak terdapat keompok-kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan kelompok teroris Jabhah Fath al-Sham yang termasuk dalam daftar kelompok teroris bersama dengan kelompok teroris ISIS yang telah dikeluarkan dari gencatan senjata yang berlangsung di Suriah sejak kamis lalu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: