Headline News

Serangan Roket ke Israel Dilakukan Suriah, Bukan Iran

Perang Suriah

SURIAH – Seorang anggota parlemen Suriah pada hari Kamis menyanggah klaim Tel Aviv bahwa serangan terhadap militer Israel di Golan dilakukan oleh Iran, dan menekankan bahwa rentetan roket ditembakkan oleh SAA, seperti dilansir FNA (10/05).

Tel Aviv dan media Barat telah menuduh Teheran meluncurkan roket dan serangan rudal pada pasukan Israel di Dataran Tinggi Golan, Anggota Parlemen, Fares Shehabi dalam tweet pada hari Kamis membantah kabar yang menyebutkan bahwa “Iran menembakkan roket ke Israel,” dan menegaskan tentara Suriah yang telah menembakkan lebih dari 50 roket ke Israel sebagai tanggapan atas serangan Israel yang terus menerus terhadap Suriah”.

Baca: LUCU, Netanyahu kepada Putin: Iran Ancam Serang Israel

Militer Israel mengatakan pihaknya memukul puluhan pangkalan militer Iran di Suriah semalam dalam menanggapi serangan dari dalam wilayah Suriah. Namun, menurut laporan yang dikutip dari sumber militer, Angkatan Darat Suriah telah mencegat puluhan rudal Israel yang masuk, dan kemudian membalas serangan dengan rentetan serangan roket ke pusat-pusat militer di Dataran Tinggi Golan.

Komando Angkatan Darat Suriah juga mengatakan sistem pertahanan udaranya telah berhasil mencegat dan menghancurkan bagian terbesar dari roket Israel yang ditembakkan ke pangkalan militer di negara Arab tersebut.

Juru bicara Tentara Suriah menegaskan kembali “kewaspadaan tentara dan kesiapan untuk membela kedaulatan tanah air terhadap agresi apa pun”, dan menekankan bahwa upaya untuk mendukung terorisme akan terbukti sia-sia.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa sekitar 28 pesawat Israel menembakkan 60 roket udara ke permukaan dalam serangan besar-besaran semalam di Suriah pada Kamis pagi, dan menambahkan bahwa sistem pertahanan udara Suriah berhasil mencegat lebih dari separuh rudal.

Baca: Israel Ketar-ketir Serangan Rudal Balasan Iran

Pasukan Israel mengebom wilayah Suriah selama dua jam antara jam 1:45 dan 03:45 waktu setempat pada hari Kamis, menurut laporan.

Militer Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “28 pesawat F-15 Israel dan F-16” terlibat dalam serangan itu, sementara “sistem pertahanan udara Suriah menembak jatuh lebih dari separuh roket dalam upaya menangkis serangan Israel”.

Tel Aviv mengatakan 20 roket ditembakkan ke Golan pada Kamis pagi, dan mengakui bahwa Iron Dome yang terkenal itu hanya menembak jatuh 4 proyektil.

Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Letnan Kolonel Jonathan Conricus, mengatakan kepada wartawan bahwa “beberapa tapi tidak semua” roket dicegat oleh pertahanan Israel, sekitar 20 proyektil ditembakkan ke arah garis posisi IDF di Golan.

Baca: Rouhani: Iran Bersumpah Akan Gagalkan Konspirasi AS, Israel dan Rezim Arab

Militer mengakui bahwa “sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel meruntuhkan empat roket”.

Sumber lain menyebutkan 50 hingga 68 roket ditembakkan ke sasaran Israel setelah tengah malam sebagai pembalasan atas serangan rudal sebelumnya terhadap Suriah.

Rezim Tel Aviv telah meluncurkan serangan sporadis terhadap berbagai target di tanah Suriah selama beberapa tahun terakhir, dalam serangan yang dikecam oleh Damaskus karena berupaya untuk mendorong kelompok-kelompok teroris yang telah menderita kekalahan berat dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Suriah.

Tentara Suriah juga menyita senjata dan peralatan militer buatan Israel dari militan yang memerangi pasukan pro-Damaskus pada banyak kesempatan sejak perang militansi dimulai di negara itu. Israel juga diakui telah memberikan perawatan medis kepada para militan yang terluka di negara Arab. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Iran:Israel Serang Suriah, Kami Akan Balas | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: