Headline News

Serangan Jet F-15 AS ke Deir Ezzor Gunakan Fosfor Putih

Pesawat Koalisi AS
Pesawat Koalisi AS

SURIAH – Serangan udara yang dilakukan oleh F-15 Amerika Serikat telah menyebabkan kebakaran besar di provinsi Deir Ezzor, Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah mengatakan dalam sebuah pernyataan, dan menegaskan bahwa informasi tentang “orang-orang yang tewas dan terluka karena serangan sedang diklarifikasi”, seperti dilansir Almasdarnews (09/09).

Baca: Tentara SAA Resmi Umumkan Pembebasan Gurun Deir Ezzor dari ISIS

Dua jet F-15 AS pada 8 September melakukan serangan dengan menggunakan bom fosfor di provinsi Deir Ezzor, kata Pusat Rekonsiliasi Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Di provinsi Deir Ezzor pada 8 September 2018, dua pesawat F-15 dari Angkatan Udara AS melakukan serangan di pemukiman Hadjin dengan menggunakan bom fosfor. Sebagai akibat dari serangan itu, menyebabkan kebakaran besar. Informasi tentang korban dan cedera sedang diklarifikasi,” Mayor Jenderal Vladimir Savchenko menyatakan, dan menekankan bahwa penggunaan senjata fosfor putih dilarang oleh Konvensi Jenewa 1949.

Koalisi pimpinan AS, yang terdiri lebih dari 70 negara, melakukan operasi militer terhadap Daesh/ISIS di Suriah dan Irak tanpa izin PBB atau Suriah.

Baca: BreakingNews, Koalisi AS Serang Pasukan Suriah di Timur Deir Ezzor

Harian Kurdi melaporkan bahwa Pentagon sedang mempersiapkan pemasangan perisai pertahanan rudal di kota-kota timur laut Suriah, Al Hasakah dan Rmelan. Ini bukan pertama kalinya koalisi pimpinan AS dituduh melakukan serangan udara di Deir Ezzor.

Pada bulan Juni, koalisi pimpinan AS dilaporkan menyerang posisi Angkatan Bersenjata Suriah di daerah Al Bukamal, menewaskan beberapa prajurit Suriah dan melukai beberapa lainnya.

Baca: Pasukan Prancis Evakuasi Teroris ISIS dari Deir Ezzor Suriah

Pada tahun 2017, serangan udara AS merenggut nyawa enam warga sipil, termasuk tiga anak-anak, dan Damaskus menyatakan bahwa koalisi pimpinan AS menggunakan fosfor putih, yang dilarang oleh konvensi internasional, dalam merusak infrastruktur dan membunuh warga sipil. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: ISIS Lancarkan Serangan Besar di Deir Ezzor | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: