Eropa

Serangan Cyber ‘Ransomware’ Landa Beberapa Negara

Sabtu, 13 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, INGGRIS – Sejumlah organisasi di seluruh dunia telah terkena serangan cyber yang disebut ransomware.

Organisasi di beberapa negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, China, Rusia, Spanyol, Italia, Vietnam dan Taiwan, pada hari Jum’at lalu melaporkan bahwa mereka telah diserang oleh perangkat lunak berbahaya yang dikenal sebagai ransomware yang mengunci komputer dan menuntut tebusan di Bitcoin untuk membuka akses arsip mereka, dikutip dari Belfast Telegraph, Sabtu (13/5/2017).

Belum jelas apakah serangan itu terkait satu sama lain.

Seorang peneliti cyber-security mengatakan di akun Twitter-nya bahwa dia telah mendeteksi 36.000 kasus ransomware, yang disebut WannaCry dan varian dari nama itu, dan menambahkan, “Ini sangat besar.”

Di Inggris, staf National Health Service (NHS) berbagi screenshot online dari program WannaCry karena layanan kesehatan yang dikelola negara terkena serangan cyber.

Malware tersebut juga mempengaruhi beberapa perusahaan di Spanyol, raksasa Telecoms Telefonica mengatakan bahwa mereka mengetahui “insiden keamanan cyber”.

Namun, laporan menyebutkan bahwa serangan tersebut tidak mempengaruhi klien dan layanan.

Staf di perusahaan Power Iberdrola dan penyedia utilitas Gas Natural diperintahkan untuk mematikan komputer mereka karena perusahaan tersebut juga telah terinfeksi dengan uang tebusan.

Dompet Bitcoin yang tampaknya terkait dengan uang tebusan dilaporkan sudah mulai diisi dengan uang tunai.

Arsitek keamanan Kevin Beaumont mengatakan, “Ini adalah serangan cyber terbesar, yang mempengaruhi organisasi di seluruh Eropa dalam skala yang belum pernah saya lihat sebelumnya.”

Versi ransomware yang muncul saat ini adalah varian baru, kata perusahaan keamanan Check Point.

Aatish Pattni, kepala pencegahan ancaman untuk Eropa utara di perusahaan keamanan tersebut, mengatakan, “Meski begitu, ini menyebar dengan cepat.” [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: