Headline News

Serangan Bom di Sebuah Cafe di Baghdad Tewaskan 31 orang

Kamis, 06 April 2017 – 00.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Sebuah serangan bom di sebuah kafe di utara ibukota Irak, Baghdad, yang menewaskan sedikitnya 31 orang. Pemboman terjadi di Beiruti Cafe, pada hari Rabu (05/04), dan masih belum diketahui jumlah yang luka. (Baca: Bom Mobil Guncang Baghdad, 17 Orang Tewas dan Puluhan Orang Terluka)

Pasukan keamanan Irak memerangi teroris sejak 2014. Kelompok teroris melancarkan serangan pada bulan Juni tahun itu, dan menduduki wilayah kala itu pasukan Irak banyak yang melarikan diri. Tetapi Saat ini tentara Irak menata ulang tentara militernya dan berhasil banyak mengambil kembali wilayah dari teroris Daesh atau ISIS, dibantu oleh komite populer, mereka bergabung dengan pasukan keamanan Irak dalam operasi untuk merebut kembali wilayah yang hilang.

Sebuah benteng kota terakhir di bawah kendali Daesh adalah Mosul, dimana operasi skala besar dilakukan untuk mengusir para teroris.

Daesh melakukan serangan sporadis di hampir seluruh Irak. Pada hari Selasa, sepuluh orang teroris menyamar sebagai petugas polisi untuk bisa memasuki kota Tikrit, Irak utara dan ikut terlibat dalam serangan secara terpisah yang menewaskan sedikitnya 31 orang.

Juga pada hari Rabu, di Mosul, sebuah bom mobil meledak di dekat lokasi yang digunakan sebagai pos oleh pasukan pemerintah, dan menewaskan 11 polisi. Di sebelah barat kota, pasukan komite populer menggagalkan sebuah serangan oleh teroris di stasiun, 30 orang teroris terbunuh. (Baca: Nyamar Pakai Baju Wanita, Asisten Wali ISIS Ditangkap Pasukan Keamanan Irak)

Pada hari Selasa (03/04), Perdana Menteri Heider al-Abadi mengatakan bahwa rakyat Irak menyalahkan Arab Saudi dalam semua aksi pemboman teroris di negaranya, karena banyak dari para pelaku pemboman adalah warga negara Saudi.

“Banyak warga Saudi telah melakukan operasi teroris di Irak, dan setiap warga negara Irak memiliki hak untuk percaya bahwa Arab Saudi pendukung terorisme”, kata Abadi di saluran televisi Al Mayadeen Lebanon. (SFA/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: