Headline News

Serangan AS ke Pasokan Gas Beracun ISIS Sebabkan Kematian Warga Sipil

Jum’at, 14 April 2017 – 06.56 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Sebuah laporan dari kantor berita resmi Suriah menyebutkan bahwa ratusan orang, termasuk warga sipil, telah tewas setelah serangan udara AS yang menarget pasokan gas beracun milik teroris ISIS. (Baca: Zakharova: Ini Bukti Pengkhianatan Amerika di Suriah)

Komando Angkatan Darat dan Angkatan Bersenjata Suriah, dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Kamis, mengumumkan bahwa serangan udara itu terjadi di desa timur Hatla, dekat kota Deir Ezzor, sekitar pukul 5.30 waktu setempat ( 15.30 GMT).

Pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Suriah, SANA, menambahkan bahwa awan asap putih tebal menutupi daerah itu setelah serangan, sebelum berubah kuning. Serangan itu juga menyebabkan kobaran api sengit, yang berlanjut sampai sore hari.

Menurut pernyataan Angkatan Darat Suriah, ratusan orang, termasuk sejumlah besar penduduk desa setempat, tewas setelah menghirup dalam volume tinggi dari asap beracun yang menyebar dari wilayah yang ditargetkan. (Baca: Teroris Lakukan Serangan Kimia di Aleppo)

Pernyataan itu lebih lanjut mencatat bahwa serangan itu bukti koordinasi erat yang terjalin antara kelompok-kelompok teroris dan AS pada tingkat tuduhan senjata kimia yang digunakan untuk melawan pasukan pemerintah Suriah, dan juga membuktikan bahwa militan berada dalam kepemilikan senjata kimia.

Sumber militer Suriah melanjutkan bahwa kelompok teroris, khususnya ISIS dan Jabhat al-Nusra, mampu memperoleh dan mengangkut senjata kimia melalui bantuan kekuatan regional tertentu, serta menekankan bahwa pemerintah Damaskus telah berulang kali memperingatkan bahwa kelompok teroris akan menggunakan senjata kimia untuk menyerang warga sipil dan tentara Suriah. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: