Headline News

Serangan Artileri Turki Tewaskan 12 Warga Sipil di Utara Aleppo

Sabtu, 10 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Setidaknya selusin warga sipil telah kehilangan nyawa mereka ketika unit artileri Turki menembaki posisi yang diklaim sebagai teroris ISIS Takfiri dan pasukan Kurdi yang didukung AS di provinsi Aleppo utara. (Baca: Tentara Turki Terang-terangan Dukung Teroris ISIS)

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan pada hari Jumat bahwa proyektil itu menghantam lingkungan perumahan di kota al-Bab, yang terletak 30 kilometer sebelah selatan dari perbatasan Turki, dan 40 kilometer timur laut dari Aleppo, yang mengakibatkan 12 warga sipil tewas, dan 10 lainnya luka-luka.

Kelompok pengawasan berbasis di Inggris mengatakan para korban adalah anggota dari tiga keluarga. Kelompok itu juga memperingatkan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat karena beberapa orang masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

Laporan itu muncul sehari setelah satu sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan militer Turki akan mengirimkan 300 pasukan komando ke Suriah utara, tanpa memberikan informasi tentang apakah mereka telah menyeberang ke Suriah, dan di mana mereka akan dikerahkan. (Baca: Pashmerga: Klaim Bentrokan Turki Dengan ISIS Hanya Propaganda Busuk Ankara)

Pada tanggal 24 Agustus, angkatan udara dan pasukan khusus Turki melakukan operasi yang dijuluki Perisai Efrat di dalam wilayah Suriah dalam upaya menyatakan dukungan terhadap Tentara Pembebasan Suriah dan membersihkan daerah perbatasan dari teroris ISIS dan pejuang dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Serangan diluncurkan pada koordinasi dengan koalisi militer pimpinan AS, yang telah konon telah berjuang melawan teroris ISIS Takfiri sejak 2014.

Intervensi militer Turki ke wilayah Suriah, mengundang kecaman keras dari pemerintah Damaskus atas pelanggaran kedaulatan negara Arab Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: