Headline News

Senjata Terbaru Hizbullah Bikin AS, Israel dan Teluk Ketakutan

Kamis, 08 Februari 2018 – 11.03 Wib,

SALAFYNEWS.COM, AMERIKA – Situs Amerika “The Cipher Brief” menerbitkan sebuah studi baru mengenai aktivitas Hizbullah dalam sepuluh tahun terakhir. Laporan tersebut menunjukkan bahwa Hizbullah telah berusaha selama beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan kemampuan cyber dan digitalnya untuk menghadapi lawan dan musuhnya agar dapat melakukan perang cyber, dan Hizbullah berusaha menggunakan internet dan dunia maya untuk menyebarkan siaran media mereka.

Baca: Peringatan Keras Sekjen Hizbullah Kepada Rezim Zionis Israel di Bulan Muharrom

Situs AS ini menyebutkan bahwa agen cyber Hizbullah menerima pelatihan di Iran mengenai program pembajakan yang diarahkan dan dipimpin oleh kelompok mata-mata Iran dengan nama “Magic Kiten” yang dianggap dunia sebagai kelompok mata-mata besar yang beroperasi di Timur Tengah.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Hizbullah Lebanon memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan yang akan membantunya untuk melakukan berbagai serangan cyber terhadap Israel, AS dan Teluk. Selain itu, perusahaan keamanan cyber Israel “Check Point” pada tahun 2015 telah mengungkapkan sebuah kampanye mata-mata yang diluncurkan Lebanon dan menargetkan perusahaan dan isntitusi Israel bahkan kampanye spionase ini sampai ke Arab Saudi.

Baca: Kenapa Zionis Israel Tidak Berani Perang dengan Hizbullah? Ini Jawabannya

Direktur studi militer dan keamanan di Institut Washington untuk kebijakan Timur Tengah, Michael Eisenstadt mengungkapkan mengenai kemampuan cyber Hizbullah berkata “operasi cyber dapat menjadi bagian yang penting dalam perang masa depan antara Hizbullah dan Israel”. Seperti di kebanyakan negara modern, infrastruktur vital dan militer di Israel sangat bergantung pada teknologi informasi di hampir semua hal. Hizbullah telah mempertimbangkan untuk menggunakan internet untuk mengganggu sistem pertahanan dan rudal Israel, sistem udara dan laut tanpa awak, serta infrastruktur vital. Mengingat bahwa Israel mungkin akan menyerang infrastruktur Lebanon yang memfasilitasi operasi militer Hizbullah seperti jalan, jaringan listrik dan komunikasi, maka Hizbullah kemungkinan akan mencoba membalasnya baik dengan serangn fisik ataupun serangan cyber.

Baca: Pengakuan Komandan AL Israel, Hizbullah Adalah Ancaman Terbesar Kami

Ria Ceres, seorang pakar keamanan cyber yang bekerja dengan Badan Keamanan Nasional AS mengatakan bahwa “Israel dan AS memiliki kemampuan yang kuat untuk pertahanan cyber dan negara-negara Teluk sedang membangun kemampuan cyber mereka karena Israel dan negara Teluk sangat khawatir melihat kemampuan Iran yang terus berkembang. Mereka juga melihat bahwa Hizbullah adalah salah satu agen cyber yang akan mereka hadapi”. Ria Ceres juga mengatakan bahwa “Hizbullah telah menjadi agen cyber lainnya di wilayah yang ramai dan dapat mendukung operasi Iran melawan Israel dan negara-negara Teluk. Mengingat bahwa perangkat cyber sudah tersedia dengan mudah, kami meyakini bahwa Hizbullah memanfaatkan hal ini dan ia diarahkan oleh Iran”. (SFA)

Sumber: Arabic SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: