Fokus

Senjata Kimia Buatan Saudi Ditemukan di Bengkel Teroris

Senjata Kimia di Suriah Buatan Saudi

SURIAH – Tentara Suriah melanjutkan operasi pembersihan di wilayah Yalda, Bebeila dan Beit Sahm yang dibebaskan baru-baru ini di wilayah Damaskus Selatan, mereka menemukan sebuah bengkel eksplosif dan bahan-bahan kimia Saudi pada hari Minggu (03/06), seperti dilansir FNA.

Tentara Suriah terus melakukan operasi pembersihan di Yalda, Bebeila dan Beit Sahm dan menemukan sebuah tempat di wilayah bekas pendudukan teroris yang digunakan untuk membuat bahan peledak dan senjata kimia beracun.

Baca: Ditemukan Seragam White Helmets dan Paspor Saudi di Lab Kimia Teroris

Sejumlah besar bahan peledak kuat yang dibuat oleh perusahaan Saudi ditemukan di tempat, menurut perwira militer.

Sementara itu, jaringan terowongan sepanjang satu kilometer ditemukan oleh tentara di wilayah yang digunakan oleh para teroris untuk mentransfer senjata dan amunisi ke medan perang yang berbeda. Juga, sejumlah besar ranjau darat, bom dan masker kimia ditemukan di peternakan dekat Yalda, Bebeila dan Beit Sahm.

Seorang komandan lapangan menegaskan pada bulan Mei bahwa unit-unit rekayasa militer Suriah menemukan senjata dan amunisi selama operasi pembersihan di Qalamoun Timur yang baru-baru ini dievakuasi oleh Jeish al-Islam dan al-Nusra.

Baca: Kesaksian Dokter di RS Douma Ungkap Fakta Serangan Kimia di Douma

Dia menambahkan bahwa pasukan militer Suriah menemukan beberapa tank dan sejumlah besar rudal, mortir, rudal anti-tank, berbagai jenis amunisi, senjata dan bom yang telah disembunyikan oleh para teroris di tempat persembunyian mereka.

Sumber-sumber mengatakan bahwa unit-unit tentara juga menemukan sejumlah besar obat-obatan serta bahan kimia Nitrogen yang digunakan oleh militan untuk membuat berbagai jenis bom dan mortir yang semuanya dibawa dengan label Turki dan Saudi.

Baca: Tentara Suriah Temukan Lab Senjata Kimia Militan di Ghouta Timur

Komandan mengatakan “jejak Arab Saudi dan Turki dengan mudah dapat ditelusuri di semua barang yang ditemukan di wilayah tersebut”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: