Amerika

Sekjen PBB Tegaskan Israel Dukung Teroris di Suriah

Jum’at, 16 Juni 2017

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Sebuah laporan yang dirilis oleh Sekretaris Jenderal PBB menegaskan bahwa Israel telah memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok teroris bersenjata di Suriah termasuk organisasi teroris Jabhah al-Nusra. Kerja sama antara organisasi teroris Jabhah al-Nusra yang telah ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh PBB dan otoritas pendudukan Israel menegaskan bahwa negara Zionis ini memang mendukung kelompok-kelompok teroris.

Sebelumnya, Presiden Suriah Bashar Assad juga telah menyatakan bahwa Israel telah memberikan dukungan kepada faksi-faksi teroris yang beroperasi di negara yang dilanda perang tersebut. Assad mengungkapkan bahwa Israel menyediakan senjata, dukungan logistik dan bantuan medis bagi kelompok-kelompok teroris bersenjata di Suriah.

Laporan khusus Sekretaris Jenderal PBB ini mengungkapkan bahwa United Nations Disengagement Observer Force (UNDOF) pada periode dari 03/02/2017 hingga 16/05/2017 telah memantau dalam berbagai kesempatan dan mendapati pasukan pendudukan Israel telah memberikan dukungan bahkan telah mengirimkan bantuan kepada kelompok-kelompok teroris bersenjata di wilayah al-Fashl serta berkomunikasi langsung dan berkoodinasi dengan mereka. Laporan ini menegaskan tentang hubungan erat antara organisasi teroris bersenjata dan otoritas pendudukan Israel.

Laporan ini juga mengungkapkan bahwa PBB memantau adanya 16 komunikasi yang terjalin antara pasukan pendudukan Israel dengan orang-orang dari pihak Suriah di wilayah al-Fashl, dan orang-orang yang bersenjata dan tidak bersenjata kemudian bertemu dengan pasukan pendudukan Israel dan dipindahkannya alat-alat mereka di kedua arah.

Laporan tersebut juga menyebutkan pelanggaran yang dilakukan Israel atas perjanjian gencatan senjata di Golan Suriah dan otoritas pendudukan Israel telah melakukan sejumlah serangan di wilayah Suriah.

Sekretaris Jenderal PBB dalam laporannya mendesak pasukan pendudukan Israel untuk menahan diri dari serangan atau meluncurkan rudal melewati garis gencatan senjata karena hal ini akan memicu eskalasi ketegangan di wilayah tersebut. Sekjen PBB juga mengingatkan tentang bahaya dari interaksi pasukan pendudukan Israel dengan orang-orang yang tak dikenal di wilayah al-Fashl.

Selain itu, sejumlah negara yang sebagian wilayahnya dikuasai kelompok-kelompok teroris mendesak untuk menghentikan pelanggaran yang dilakukan kelompok-kelompok teroris di wilayah al-Fashl dan aktivitasnya yang mengancam kehidupan staf PBB, keamanan serta keselamatan mereka. [Sfa]

Sumber: Al-Maloomah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: