Asia

Sebut ARSA Sumber Kekerasan di Rohingya Mahkota Ratu Kecantikan Myanmar Dicabut

Jum’at, 06 Oktober 2017 – 13.49 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MYANMAR – Awal pekan ini, gelar Miss Grand Myanmar 2017 yang disandang Shwe Eain Si secara resmi dicopot. Awalnya beredar dugaan Shwe Eain Si kehilangan gelarnya akibat mengunggah video yang berisi tudingan terhadap ARSA (Arakan Rohingya Salvation Army) sebagai pihak yang memicu terjadinya kekerasan di bagian barat Myanmar tersebut. Saat itu, organisasi penyelenggaran kontes tidak menjelaskan secara rinci dan hanya menyebutkan Shwe Eain Si telah melanggar beberapa aturan dalam kontrak.

Baca: Pemimpin Revolusi Iran Kecam Bungkamnya OKI Terkait Rohingya

Mantan ratu yang saat ini berusia 19 tahun tersebut memposting video di Facebook pada tanggal 24 September dengan maksud menginformasikan netizen tentang kekerasan yang terjadi di negara bagian tersebut.

Sebagai tanggapan atas postingan tersebut, Hello Madam Group, yang mendukung gelar tersebut, memutuskan untuk mengumumkan bahwa sang ratu tidak lagi memegang gelar setelah dia melanggar peraturan kontrak.

Tanpa secara khusus menyebutkan posting Facebook, Hello Madam Group secara khusus menyatakan bahwa Shwe sama sekali tidak berperilaku seperti panutan, lapor BBC. Pelucutan gelarnya sengaja dilakukan karena postingannya yang mengungkap situasi di Rakhine.

Meskipun perusahaan tersebut berulang kali menolak tuduhan yang dikeluarkan oleh Shwe, sang ratu secara terbuka menolak pernyataan perusahaan tersebut pada hari Selasa dalam sebuah tanggapan tindak lanjut di Facebook dimana dia menganggap klaim perusahaan tersebut “tidak berdasar.”

Baca: Inilah Wajah Busuk AS di Rohingya

Menurut BBC, lebih dari setengah juta pengungsi Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh sejak 25 Agustus, ketika gerilyawan ARSA menyerang pos keamanan, memicu tindakan keras militer yang besar dimana ratusan Muslim Rohingya terbunuh; lebih dari setengah juta lainnya telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: