Internasional

Saudi Larang Masuk Kapal Angkut Makanan bagi Warga Yaman di Pelabuhan Hudaydah

Selasa, 07 Februari 2017 – 02.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Koalisi Saudi telah melarang kapal “Majesta” yang membawa gandum sedangkan kapal milik koalisi Saudi diperbolehkan untuk memasuki pelabuhan Hudaydah di Yaman barat untuk membongkar muatan mereka, namun kapal Majesta dipaksa untuk beralih ke pelabuhan Jeddah dan membongkar muatannya disana. (Baca: Balas Dendam, Saudi Akan Serang Pelabuhan Hudaydah Yaman Gunakan MOAB)

Sumber dari pihak navigasi di Red Sea Port Corporation mengatakan bahwa “koalisi Saudi telah menyampaikan kepada PBB mengenai keputusan yang melarang masuknya kapal komersial ke pelabuhan Hudaydah termasuk kapal Majesta yang diminta untuk mengubah jalur kapal ke pelabuhan Jeddah”.

Pelabuhan Hudaydah merupakan jalur akses satu-satunya untuk menuju sejumlah provinsi yang berada dibawah kontrol pasukan Yaman. Sebagaimana yang diketahui bahwa pelabuhan Hudaydah ini adalah pelabuhan yang penting bagi rakyat Yaman karena ia merupakan pusat lembaga pelabuhan-pelabuhan di Laut Merah dan memberikan pelayanan kepada masyarakat serta merupakan dermaga untuk bongkar muat bahan makanan, obat-obatan dan produk-produk minyak. (Baca: Dubes Djibouti Bongkar Rencana Pembunuhan Massal Rakyat Yaman)

Di samping itu, berbagai pihak juga telah mengecam provokasi dan propaganda media terutama media Saudi terhadap pelabuhan Hudaydah, yang menyebarkan berita palsu soal penyalahgunaan pelabuhan ini sebagai pelabuhan militer bagi tentara dan komite populer Yaman.

Sementara itu, pemerintah Yaman melalui Kepala Perdana Menteri Bidang Perekonomian, Husein Abdullah telah mengutuk aksi pelarangan masuknya kapal komersial ke pelabuhan Hudaydah, dan ia menyebut hal ini sebagai upaya untuk “membuat rakyat Yaman kelaparan dan aksi pemblokiran”, terutama setelah ancaman terbaru yang muncul yakni serangan terhadap bandara Hudaydah. (Baca: Pembatasan Impor Bahan Pokok, Saudi Akan Membunuh Rakyat Yaman)

Koalisi Saudi telah melarang masuknya kapal-kapal komersial untuk membongkar muatannya yang berupa bahan makanan dan obat-obatan di pelabuhan Hudaydah, termasuk melarang kapal Majesta yang membawa gandum, dan koalisi Saudi memaksa kapal ini untuk mengalihkan jalur kapal Majesta ke pelabuhan Jeddah dan membongkar muatannya disana. (SFA)

Sumber: Middle East Panorama

4 Comments
To Top
%d bloggers like this: