Eropa

Saudi-Kanada Tegang, Ini Pendapat Rusia

Kantor Kemenlu Rusia
Kantor Kemenlu Rusia

MOSKOW – Dalam komentar resmi pertama Rusia tentang konflik Saudi-Kanada, Kementerian Luar Negeri Rusia menegaskan penolakan Moskow untuk mempolitisir isu-isu hak asasi manusia, mencatat bahwa Arab Saudi mempunyai hak untuk menentukan jalan reformasi internal mereka sendiri, seperti dilansir Arabic.rt (08/08).

Baca: Organisasi HAM Internasional Tuntut Kriminalisasi Saudi yang Sponsori Terorisme

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs kementerian itu, mengatakan “Kami mendukung tegas dan konsisten dengan memperhatikan hak asasi manusia secara umum, dengan mempertimbangkan karakteristik dan tradisi nasional untuk semua negara, yang mengkristal selama periode sejarah yang panjang”, menambahkan bahwa Rusia selalu terus menolak upaya untuk mempolitisir masalah hak asasi manusia.

Baca: Global Research Kanada Ungkap 7 Negara Sponsor ISIS

Dia melanjutkan “Kami percaya bahwa Arab Saudi, diikuti oleh transformasi sosial dan ekonomi yang besar, menikmati hak berdaulat penuh untuk menentukan bagaimana untuk maju dalam bidang yang penting ini. Masalah ini membutuhkan nasehat yang membangun dan bantuan, bukan nada instruksi dari posisi keunggulan moral yang semu”.

Baca: Upaya Monarki Saudi “beli Fakta berita” Kuasai Media Dunia

Kedutaan Besar Kanada di Riyadh telah meminta pihak berwenang Saudi berkenaan tweet mereka untuk pembebasan sejumlah aktivis masyarakat sipil, yang dianggap oleh Saudi sebagai gangguan dalam urusan internal. Saudi menanggapi dengan mengurangi tingkat hubungan diplomatik dan menghentikan hubungan dengan Ottawa di beberapa bidang, terutama perdagangan, pendidikan dan obat-obatan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: