Headline News

Saudi Janjikan Investasi Senilai 40 Milyar Dolar Pada AS Jelang Kunjungan Trump

Senin, 15 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Arab Saudi berencana untuk memperkuat hubungan dengan Presiden AS Donald Trump dengan menginvestasikan $ 40 miliar untuk pembangunan infrastruktur AS, menurut laporan sebuah media.

Kerajaan petro dolar Saudi akan mengumumkan rencana yang dapat diungkap pada minggu depan bersamaan dengan kunjungan Trump ke kerajaan, menurut laporan beberapa sumber kepada Bloomberg pada hari Kamis.

Trump akan melakukan perjalanan pertama luar negerinya sejak menjabat 19 Mei, dengan mengunjungi Arab Saudi dan Israil kemudian ke Vatikan.

Menurut CNBC, Arab Saudi telah menyatakan minat untuk berinvestasi di AS selama berbulan-bulan.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan kepada CNBC pada bulan Maret, pemerintahnya percaya bahwa infrastruktur AS, khususnya, merupakan investasi yang menarik.

“Program infrastruktur Presiden Trump dan pemerintahannya adalah sesuatu yang kami minati karena memperluas portofolio kami dan ini membuka saluran baru untuk investasi yang aman dan berisiko rendah namun sehat, yang kami cari,” katanya.

Arab Saudi juga ingin segera mengatur ulang hubungan dengan pemerintah AS yang baru setelah hubungan bilateral memburuk di bawah mantan Presiden AS Barack Obama, yang menjadi perantara kesepakatan nuklir bersejarah pada 2015 dengan Iran yang menjadi saingan regional kerajaan Saudi.

Pada saat yang sama, Arab Saudi mengklaim sebuah “titik balik bersejarah” dalam hubungan setelah Trump bertemu dengan wakil putra mahkota Saudi dan menteri pertahanan Mohammed bin Salman di Gedung Putih pada bulan Maret lalu.

Menindaklanjuti pertemuan Trump dengan Mohammed bin Salman, Gedung Putih mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa presiden mendukung pengembangan program “AS-Saudi yang dilakukan oleh kelompok kerja gabungan AS-Saudi” yang akan berinvestasi di bidang energi, industri, infrastruktur dan teknologi.

Program ini berpotensi bernilai $ 200 miliar untuk investasi langsung dan tidak langsung dalam empat tahun ke depan, imbuh pernyataan tersebut.

Trump mengatakan bahwa dia bermaksud untuk mendorong investasi infrastruktur AS mencapai nilai $ 1 triliun selama dekade berikutnya, dengan $ 200 miliar berasal dari pembayar pajak dan sisanya dari sektor swasta.

Arab Saudi, eksportir minyak mentah terbesar di dunia, melakukan dorongan agresif untuk mendiversifikasi ekonomi tradisional yang bergantung pada minyak setelah turunnya harga minyak global sejak 2014 yang telah memangkas pendapatannya.

Sejak saat itu, Saudi harus memperluas dana kekayaan kedaulatannya sebagai bagian dari upaya untuk melakukan diversifikasi dari minyak setelah harga merosot.

Riyadh minggu ini melaporkan adanya langkah-langkah penghematan dan kenaikan harga minyak yang telah membantu mengurangi dua pertiga defisit yang diproyeksikan sebesar $ 53 miliar. [Sfa]

Sumber: Middle East Eye.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: