Headline News

Saudi Gunakan Liga Arab Untuk Serang Iran

Senin, 20 November 2017 – 08.29 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TIMUR TENGAH – Liga Arab dapat mengajukan banding ke Dewan Keamanan PBB untuk menghadapi dugaan campur tangan Iran dalam urusan negara-negara regional, kata sekretaris Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, pada hari Ahad.

Baca: Emir Kuwait: Arab Spring Adalah Era Kegelapan Dunia Arab

Sebelumnya, sebuah pertemuan darurat para menteri luar negeri Liga Arab, yang diprakarsai oleh Arab Saudi, diadakan di Kairo untuk membahas kebijakan Iran di kawasan.

“Saya tidak memutuskan (keluar) mengacu pada Dewan Keamanan PBB sebagai langkah selanjutnya untuk menghadapi campur tangan Iran,” kata Ahmed Aboul Gheit dalam sebuah konferensi pers usai pertemuan tersebut.

Baca: Israel-Arab Saudi Kompak Hadapi Iran di Kawasan

Pada bulan November, pemerintah Saudi mengatakan bahwa pihaknya menghancurkan sebuah rudal yang diluncurkan oleh Yaman sebelum mendarat di bandara Raja Fahd, ibukota Riyadh. Arab Saudi menyalahkan insiden tersebut pada Iran, yang diduga mendukung gerakan Houthi. Riyadh menyebut keterlibatan Teheran dalam memasok rudal jelajah pada Houthi sebagai “sebuah tindakan perang melawan kerajaan” dan dengan mengandalkan hak untuk membela diri, memiliki hak untuk menanggapi Iran.

Baca: Komandan Garda Revolusi Iran: Saudi Berubah Menjadi Rezim Teroris

Sementara Teheran tidak merahasiakan dukungan politisnya untuk gerakan Hizbullah dan Hamas serta telah berulang kali menolak rumor mempersenjatai Yaman, dimana Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa peluncuran rudal Houthi ke ibu kota Arab Saudi adalah “reaksi terhadap agresi,” dan menambahkan bahwa kepercayaan Riyadh terhadap Republik Islam Iran sebagai “musuh” adalah “kesalahan strategis”. (SFA)

Sumber: SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: