Fokus

Samantha, Pecatur Cilik yang Harumkan Nama RI di Eropa

BELARUSIA – Setelah menunggu sekian lama, dan seiring memudarnya kejayaan Utut Adianto dan penggantinya Susanto Megaranto serta Irene Kharisma Sukandar yang tak terlalu berprestasi mendunia, Indonesia kini memiliki ‘Juara Dunia’ baru. Ia Samantha Edithso anak ajaib dari Bandung yang baru berusia 10 tahun.

Samantha barus meraih gelar bergengsi juara dunia “FIDE World Championship 2018 U-10” yang berlangsung di Minks, Belarusia, yang pada babak terakhir mengandaskan perlawanan sengit Yana Zhapova.

Baca: Jokowi Anak Kandung Ibu Pertiwi Kenapa Harus Dihabisi?

Kejuaraan berjuluk FIDE World Rapid Cadet Championship 2018 itu berlangsung 9 babak Sistem Swiss. Hebatnya, Samantha tidak pernah terkalahkan sepanjang 2 hari pertandingan tersebut. Ia hanya berbagi setengah angka alias remis saat melawan Afruza Khamdamova pada babak ketiga.

Afruza anak Uzbekistan berwajah polos berusia 10 tahun ini bergelar WCM dan merupakan juara FIDE World School Chess Championship 2017. Mainnya brutal. Kalau bukan Samantha lawannya di babak ketiga FIDE World Cadet Championship 2018 tadi mungkin sudah tewas. Samantha mujur lolos dari sergapannya dan berbagi angka setengah.

Baca: BELA NEGARA! Inilah 6 Butir Ikrar Kesetiaan kepada NKRI

Di 8 babak lainnya, Samantha melumat lawan-lawannya tanpa ampun sehingga nilai akhir yang diperolehnya 8,5 dari 9 babak. Samantha memetik poin pertamanya di Minsk, babak yang menjadi kunci kemenangan beruntun kemudian sampai ia meraih angka 8,5 dari 9 babak yang dimainkannya. Bravo Samantha. (SFA)

Sumber: Akun Facebook Wahyu Sutono

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: