Headline News

Salah Target, Saudi Serang Kapal Somalia yang Dikira Kapal Yaman

Selasa, 28 Maret 2017 – o8.50 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Salah taregt, Saudi serang kapal Somalia yang dikira kapal Yaman. Menurut Human Rights Watch (HRW) mengatakan agresi udara mematikan baru-baru ini menarget sebuah kapal yang membawa pengungsi Somalia di lepas pantai Yaman, “tampaknya” dilakukan oleh Arab Saudi, yang akan menambah deret “kejahatan perang”. (Baca: Lagi-Lagi Jet Tempur Saudi Salah Hantam Target)

Menurut pernyataan yang dirilis oleh HRW pada hari Minggu, sedikitnya 32 orang tewas dan hampir 30 lainnya luka-luka setelah sebuah serangan udara Saudi memukul perahu yang penuh dengan 145 pengungsi Somalia, dekat Selat Bab al-Mandeb. Sementara badan pengungsi PBB, UNHCR, mengatakan bahwa korban tewas akibat serangan itu mencapai 42 orang.

“Penembakan pada perahu yang penuh dengan pengungsi adalah kejahatan perang,” kata Sarah Leah Whitson, direktur HRW Timur Tengah, dan menambahkan bahwa “serangan menandakan kesembronoan koalisi Saudi dalam menentukan target yang telah mencapai tingkat kecerobohan yang parah”. (Baca: Diamnya dunia sebabkan Saudi semakin merajalela habisi warga sipil Yaman)

“Tiba-tiba, saya melihat sebuah helikopter di atas kami… Mereka menyerang tiba-tiba… Ketika mereka terus menembaki kita, kita yang berbicara bahasa Arab terus berkata, ‘Kami adalah Somalia!’” ujar seorang korban yang selamat dalam serangan itu. Jelas sekali bahwa Saudi mengira kapal itu milik pelaut Yaman.

Perahu naas berhasil berlabuh di kota pelabuhan barat Yaman, Hudaydah, dan dunia belajar tentang tragedi itu. UNHCR pada waktu itu mengungkapkan “keterkejutannya atas serangan pada pengungsi Somalia”. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: