Internasional

RUTIN! Saudi Kirim Kargo Senjata Untuk Teroris Suriah

Kamis, 19 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, SOFIA  –  Sebuah lembaga penelitian “Balkansite” dari Bulgaria merilis laporan tentang pengiriman senjata Arab Saudi melalui udara kepada beberapa kelompok teroris di Suriah secara terorganisir dan rutin pada setiap bulannya.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa pengiriman kargo senjata itu terkadang terlihat seperti kargo normal dan rutin lewat sejumlah penerbangan pesawat kargo Saudi dari bandara Jeddah. Namun sebenarnya perlu dicermati tujuan sebenarnya sebagian dari penerbangan pesawat-pesawat tersebut.

Apa hubungan sebagian pesawat kargo itu dengan kelompok teroris di Suriah?

Sebuah lembaga pemberitaan analisis di Balkan telah menjawab pertanyaan itu, “Balkansite” menyebutkan bahwa lembaga itu telah memantau sejumlah jalur penerbangan pesawat kargo Saudi yang terbang dari bandara Jeddah menuju ibukota Bulgaria Sofia. Dari sana kemudian kembali ke bandara Arab Saudi yang terletak di utara Tabuk dan selanjutnya kargo bergerak menuju ke Suriah.

Laporan tersebut menjelaskan kejanggalan, yakni untuk pertama kalinya setelah 20 tahun sejumlah pesawat Saudi mendarat di bandara Sofia secara teratur. Diperkirakan keuntungan Bulgaria dari penjualan senjata ini sebesar 500 juta dolar pertahun. (Baca: Ribuan Warga Inggris Demo Tuntut Pemerintah Agar Hentikan Jual Senjata kepada Saudi)

Hasil studi yang disusun oleh lembaga pemberitaan “Balkansite”ini menjelaskan, pesawat kargo Arab Saudi Boeing 747 terbang dari Jeddah menuju Sofia mengangkut sekitar 80 sampai 90 ton senjata setiap bulan.

Perjalanan kargo senjata ini berakhir di sebelah utara Arab Saudi yaitu bandara Tabuk dekat perbatasan Yordania. Dari sana, senjata yang dibeli oleh Riyadh dikirim ke sejumlah kelompok teroris di Suriah yang didukung oleh Arab Saudi melalui jalur Yordania. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: