Eropa

Rusia Undang Donald Trump Hadiri Perundingan Astana

Senin, 16 Januari 2017  01.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Media-media Amerika mengungkapkan bahwa pihak Moskow telah mengundang presiden AS terpilih Donald Trump untuk ikut serta dalam perundingan Astana untuk menyelesaikan krisis Suriah. (Baca: Persekongkolan Jahat Turki-Teroris Tekan Rusia dalam Perundingan Astana)

Surat kabar Suriah “Washington Post” pada hari Sabtu tanggal 14 januari menyebutkan bahwa Duta Besar Rusia untuk Washington Sergey Kisylak telah menyampaikan undangan pada pemerintahan AS yang akan datang melalui percakapan telepon dengan seorang penasehat Trump bagian Keamanan Nasional Michael Flynn pada tanggal 28 desember lalu, seperti dilansir oleh Arabic.rt (14/01).

Surat kabar ini menyebutkan bahwa selama percakapan telepon tersebut pemerintah AS tidak memutuskan apakah pihaknya akan ikut serta dalam perundingan Astana atau tidak.

Departemen Luar Negeri Amerika telah mengatakan sebelumnya bahwa pihaknya tidak menerima undangan resmi tetapi pihaknya masih terus mengadakan kontak terkait krisis Suriah dengan Rusia dan Turki. (Baca: Analis: Kehadiran Iran di Suriah Bikin Emosi Israel)

Juru bicara pers presiden Rusia, Dmitry Peskov pada hari jumat (14/01) mengungkapkan bahwa ia belumbisa memberikan keterangan apapun terkait kemungkinan ke ikutsertaan AS dalam proses perundingan di Astana.

Perundingan antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik Suriah dijadwalkan akan berlangsung hari senin, 23 januari 2017 di ibukota Kazakhstan, Astana. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: