Eropa

Rusia-Turki-Iran Cegah Bencana Kemanusiaan di Idlib

Militer Turki di Suriah
Militer Turki di suriah

SURIAH – Turki bekerjasama dengan Rusia dan Iran untuk mencegah bencana kemanusiaan di Idlib, kata Hulusi Akar, Menteri Pertahanan Turki, Kamis (13/09), seperti dilansir Almasdarnews.

“Setiap tindakan militer di Idlib akan menyebabkan bencana di wilayah yang sudah mengalami kesulitan. Kami bekerjasama dengan Rusia dan Iran untuk mencegah bencana kemanusiaan,” Anadolu Agency melaporkan.

Baca: Komentar Suriah Soal Operasi Intelijen Sadis Turki di Lattakia

Para peserta KTT Trirateral, Rusia-Iran-Turki, yang diselenggarakan pada 07 September di Teheran menyetujui paket tindakan untuk memantau situasi di Suriah, dengan memberi perhatian khusus pada situasi di Idlib.

Baca: Konvoi Besar Militer Turki Memasuki Idlib Suriah

Dalam deklarasi terakhir, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan tekad untuk melanjutkan kerja sama sampai penghapusan terorisme dan stabilisasi situasi di Suriah. Pemimpin Rusia menekankan pada konferensi pers akhir bahwa mengusir militan dari Idlib adalah “tugas utama”.

Baca: Komandan dan Ahli Senjata Kimia Teroris Melarikan Diri dari Idlib ke Turki

Pada tahun 2017, zona de-eskalasi di utara Idlib, di mana militan dan keluarga mereka yang menolak untuk berdamai dan meletakkan senjata dapat pindah. Menurut Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura, ada sekitar 10.000 militan dari kelompok teror Jabhat al-Nusra dan Al-Qaeda di wilayah ini. Pemulihan kontrol atas provinsi ini oleh Damaskus akan berarti berakhirnya konfrontasi militer besar-besaran di Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: