Eropa

Rusia Serukan Organisasi Kemanusiaan Segera Kirim Bantuan ke Suriah

Kamis, 19 Januari 2017 – 02.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Juru bicara untuk Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov pada hari rabu (18/01) mengumumkan bahwa Kementerian Rusia telah meminta organisasi kemanusiaan internasional untuk segera mengirimkan obat-obatan untuk penduduk di 73 daerah yang paling menderita di Suriah.

Konashenkov mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs resmi kementerian bahwa “Mereka telah mengungkapkan permintaan mereka agar mengirimkan bantuan kepada lebih dari 5 juta penduduk Suriah dan mereka mengeluhkan bahwa mereka tidak memiliki kesempatan dan kemampuan untuk segera menangani hal ini”. (Baca: Organisasi Kemanusiaan Tak Berikan Bantuan Pada Warga Suriah)

Juru bicara kemneterian Rusia ini menambahkan bahwa “Kementerian Pertahanan Rusia telah mendesak organisasi-organisasi kemanusiaan internasional yang telah memiliki kesiapan untuk mulai mengirimkan bantuan nyata kepada rakyat Suriah dengan mengirimkan bantuan berupa peralatan medis dan obat-obatan ke 73 wilayah yang paling membutuhkan di Suriah, adapun bantuan obat-obatan yang telah diberikan Rusia untuk wilayah-wilayah ini jumlahnya masih tidak mencukupi kebutuhan semua penduduk saat ini”.

Konashenkov mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia pada pekan lalu telah menyerukan kepada organisasi-organisasi kemanusiaan internasional yang terkemuka untuk segera mengirimkan bantuan-bantuan nyata untuk rakyat Suriah.

Ia juga mengungkapkan rasa gembira Kementerian Rusia atas respon yang cepat dari Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia Untuk PBB Ertharin Cousin. Serta Direktur Jenderal UNICEF Mr.Anthony Lake, Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Korrdinator Bantuan dalam keadaan darurat Stephen O’Brien, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Margareth Chan dan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi. (Baca: MENGHARUKAN.. Ini Bantuan dari Kami Rakyat Rusia Untuk Rakyat Suriah)

Sumber diplomasi Rusia yang dekat dengan kelompok kerja di Jenewa, pada hari Jumat lalu mengatakan bahwa Rusia percaya bahwa negara-negara donatur untuk organisasi kemanusiaan PBB akan memberikan bantuan kemanusiaan tanpa adanya diskriminasi untuk semua penduduk kota-kota di Suriah yang telah dibebaskan dari cengkeraman ISIS. Dan pihaknya juga berharap organisasi-organisasi kemanusiaan ini bisa mengirimkan bantuan secepatnya ke Suriah, seperti dilansir oleh kantro berita Arabic.SputnikNews (18/01).

Sejak Maret 2011, Suriah telah mengalami kehancuran dan kerusakan infrastruktur akibat perang yang terjadi antara pasukan pemerintah dengan kelompok-kelompok teroris bersenjata, yang juga telah mengakibatkan tewasnya hampir 300.000 jiwa dan jutaan warga lainnya terpaksa harus meninggalkan tempat tinggal mereka untuk pergi ke tempat yang aman di dalam Suriah maupun ke luar Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: