Umum

Rusia: Serangan AS Jelas-Jelas Langgar Kedaulatan Suriah

Jum’at, 07 April 2017 – 16.50 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Serangan AS di Suriah tidak lain hanyalah suatu tindakan unjuk kekuatan. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataannya hari ini, Jumat (07/04) pasca serangan rudal Tomahawk yang diluncurkan atas perintah Donald Trump itu ke pangkalan udara Suriah. Keputusan untuk menyerang Suriah dibuat setelah serangan kimia di Idlib yang digunakan sebagai dalih untuk demonstrasi kekuatan ini.

“Serangan rudal AS di pangkalan udara Suriah adalah tindakan yang jelas-jelas merupakan agresi terhadap kedaulatan Suriah,” tegas Kementerian Luar Negeri Rusia sebagaimana dikutip Sputnik.

“Hal ini jelas bahwa serangan rudal AS di Suriah sudah dipersiapkan sebelumnya,” tambah Kementerian Luar Negeri Rusia.

“Sudah jelas bahwa keputusan untuk melakukan penyerangan (ke Suriah) dibuat di Washington sebelum insiden di Idlib, yang digunakan sebagai dalih untuk demonstrasi kekuatan ini,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kementerian Luar Negeri Rusia menambahkan bahwa serangan rudal AS pada pangkalan udara Sha’irat di Suriah akan mendegradasi hubungan Rusia-AS,.

“Tindakan yang diambil hari ini oleh AS lebih lanjut menghancurkan hubungan Rusia-AS,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat meluncurkan 59 rudal jelajah Tomahawk ke pangkalan udara militer Suriah di Ash Sha’irat dekat Homs Kamis malam. Presiden AS Donald Trump mengatakan serangan itu merupakan tanggapan terhadap dugaan penggunaan senjata kimia di Idlib pada Selasa, dimana Washington menyalahkan Damaskus.

“Tanpa repot-repot untuk menyelidiki apapun, Amerika bergerak ke arah demonstrasi kekuatan, resistensi militer terhadap negara yang memerangi terorisme internasional,” kata kementerian lebih lanjut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: