Eropa

Rusia Pertahankan Keputusan Putin Mengusir Ratusan Diplomat AS

Selasa, 01 Agustus 2017 – 05.20 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Rusia mengatakan Moskow dan Washington sangat jauh memperbaiki hubungan mereka, mempertahankan keputusan baru-baru ini yang dibuat oleh Presiden Vladimir Putin, dengan mengusir ratusan diplomat AS. (Baca: Putin Usir 755 Diplomat AS)

Juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Senin bahwa sekarang bola berada di pengadilan AS untuk membantu memperbaiki hubungan bilateral, dan mengatakan bahwa Rusia tetap tertarik pada “melanjutkan kerja sama di bidang yang sesuai dengan kepentingan bersama.”

Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Jumat memerintahkan kedutaan AS untuk mengurangi kehadiran diplomatiknya menjadi 455 diplomat dan staf pada 1 September.

Itu berarti pengurangan drastis lebih dari 750 staf diplomatik sampai ukuran kedutaan tersebut sesuai dengan ukuran misi Rusia di AS. Langkah tersebut, disertai dengan penutupan retret rekreasi AS di Rusia serta fasilitas gudang, setelah Kongres AS dengan suara bulat mengeluarkan sanksi baru kepada Rusia. (Baca: Perang Diplomatik Antara Rusia dan Amerika)

Peskov membela perampingan staf diplomatik Amerika sehubungan dengan meningkatnya sentimen anti-Rusia di AS, dan mengatakan jika Washington benar-benar ingin memperbaiki hubungan dengan Moskow, pertama-tama mereka harus memperbaiki “skizofrenia politik yang memburuk” di AS.

Putin pada hari Minggu, memperingatkan bahwa Rusia bahkan dapat membalas dendam atas sanksi baru tersebut, namun menegaskan bahwa pengurangan jumlah staf diplomatik AS sudah cukup untuk saat ini. Dia mengatakan bahwa Rusia telah menunggu selama berbulan-bulan untuk melihat perubahan dalam kebijakan AS namun semuanya sia-sia. (Baca: Memanas, Rusia Tantang Amerika ke Suriah)

“Kami telah menunggu cukup lama, dengan harapan situasinya mungkin akan berubah menjadi lebih baik,” kata Putin, dan menambahkan, “Tapi nampaknya bahkan jika situasinya berubah, ini tidak akan segera terjadi.” (SFA)

Sumber: Sputnik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: