Eropa

Rusia: Fakta Jelas AS Dukung ISIS Lewat SDF

Perang Suriah

SURIAH – Pangkalan udara Rusia di provinsi Lattakia, Hmeimim, menyatakan bahwa Washington mendukung teroris ISIS melalui Pasukan Demokrat Suriah yang didukung AS, karena SDF terus menekan penduduk sipil di Deir Ezzor, seperti dilansir FNA (15/05).

Baca: Rusia Keluarkan Bukti Amerika Bersekutu dengan Teroris di Suriah

Rusia mengumumkan pada hari Senin (15/05) bahwa mereka telah memperoleh laporan di lapangan yang mengungkapkan bahwa AS secara tidak langsung mendukung dan melengkapi teroris ISIS. Ia menambahkan bahwa AS mendukung ISIS melalui sekutunya yang diciptakan secara ilegal, pasukan SDF, yang mengejar disintegrasi Suriah.

Sementara itu, sumber-sumber lokal di Deir Ezzor melaporkan bahwa pasukan SDF telah menahan puluhan warga sipil di provinsi itu, termasuk perempuan, anak-anak dan orang tua, dalam perjalanan dari Damaskus ke wilayah tersebut dan mencegah kepindahan mereka ke provinsi tersebut.

Baca: Perang Sengit Tentara Suriah-Rusia Lawan Teroris yang di Dukung Amerika

Sebuah sumber melaporkan pada Senin bahwa pasukan AS sedang membangun pangkalan militer baru di wilayah yang mirip gurun di Timur Deir Ezzor dua minggu setelah SDF yang didukung Washington mengklaim telah memulai operasi anti-ISIS mereka di Suriah Timur.

Sumber itu mengatakan bahwa militer AS sedang membangun pangkalan baru yang dilengkapi dengan alat dan sistem militer canggih di Badiyeh (gurun) al-Sha’afa, provinsi Deir Ezzor, dan menambahkan bahwa pembangunan pangkalan itu telah dibenarkan sebagai langkah untuk mendukung SDF melawan ISIS di timur Deir Ezzor, sementara SDF telah terlibat dalam beberapa konfrontasi melawan tentara Suriah.

Baca: Jenderal Suriah Bongkar Kebusukan Amerika yang Jelas Dukung ISIS

Sumber-sumber lebih lanjut mengatakan bahwa pasukan AS dan milisi yang didukung Washington mengklaim akan mempersiapkan kemungkinan operasi terhadap ISIS di wilayah tersebut, sementara mereka menyebar ke wilayah yang dikuasai oleh tentara Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: