Eropa

Rusia Bantah Penarikan Pasukan Iran dari Suriah Sebagai Syarat Pertemuan Putin-Trump

Tentara Iran
Tentara Iran

MOSKOW – Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov membantah laporan media yang mengklaim penarikan pasukan Iran dari Suriah akan menjadi agenda pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitra AS-nya Donald Trump, seperti dilansir Almasdarnews.com (06/07).

Baca: AS: Bukan Assad, Tapi Iran yang Kami Khawatirkan di Suriah dan Timteng

“Dalam kasus khusus ini, sumber Kommersant atau Bloomberg gagal. Itulah yang dapat saya jawab,” katanya ketika diminta untuk mengonfirmasi informasi yang diberikan oleh beberapa sumber yang mengatakan bahwa perjanjian tentang penarikan pasukan yang didukung Iran dari Suriah bisa menjadi masalah utama pada pertemuan mendatang antara pemimpin Rusia dan AS.

Juru bicara Kremlin menekankan “bahwa masalah Suriah akan menjadi topik untuk bertukar pandangan.” “Itu tentu mudah ditebak. Bagaimanapun, pihak Rusia bersiap-siap, dan Putin siap untuk membahas topik Suriah. Namun, ketika melaporkan bahwa dua negara sedang membahas negara ketiga dan membuat beberapa keputusan untuk itu – itu sangat tidak realistis,” kata Peskov. “Itu sebabnya laporan-laporan ini tidak benar.”

Baca: Walid Muallem: Kehadiran Militer Iran di Suriah Sah

Berbicara tentang pertemuan mendatang Rusia-AS, juru bicara Kremlin mencatat bahwa “persiapan sedang dilakukan.”

“Sebagian besar pekerjaan sedang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dan lembaga-lembaga lain, yang berpotensi ada hubungannya dengan isu-isu tersebut, yang akan menjadi agenda,” katanya, dan berharap bahwa kedua pemimpin akan melakukan konferensi pers setelah pertemuan.

Baca: Netanyahu: Israel Akan Serang Iran di Suriah

Menurut Peskov, “fakta bahwa Presiden Putin dan Presiden Trump siap untuk pertemuan ini dan bersiap untuk itu adalah tanda positif.”

“Mengingat keadaan hubungan bilateral kita yang mengerikan, setiap pertemuan seperti ini memiliki arti yang unik dan memainkan peran khusus,” dia menekankan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: