Eropa

Rusia Bantah Laporan AS soal Serangan Kimia

John Bolton, AS
John Bolton, Penasehat Keamanan Trump

MOSKOW – Kremlin menolak klaim Penasihat Keamanan AS John Bolton yang telah memberitahukan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev tentang kemungkinan pemogokan di Suriah dalam kasus “serangan kimia,” juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Selasa (28/08), seperti dilansir Almasdarnews.

Baca: OPCW: Inggris-AS di Balik Skenario Senjata Kimia di Suriah

“Tidak,” kata Peskov kepada wartawan ketika ditanya apakah dia dapat mengkonfirmasi bahwa telah ada peringatan semacam itu.

Pada hari Sabtu, media melaporkan mengutip sumber bahwa Bolton mengatakan kepada Patrushev pada pembicaraan Kamis di Jenewa bahwa AS siap untuk mengambil tindakan militer jika Damaskus menggunakan senjata kimia di provinsi Idlib.

Sebelumnya pada hari itu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Rybkov mengatakan bahwa pernyataan Bolton tentang Suriah dan ancaman menjadi satu-satunya bahasa yang digunakan AS.

Baca: OPCW Selidiki Siapa Pemilik Senjata Kimia di Suriah

Juru bicara Kremlin juga mencatat bahwa pengeluaran Rusia pada kapasitas pertahanannya, termasuk selama latihan militer Vostok 2018, dibenarkan dalam situasi internasional saat ini.

“Kemampuan pertahanan negara dalam situasi internasional saat ini, yang sering sangat agresif dan tidak ramah terhadap negara kita, dibenarkan, diperlukan dan tidak memiliki alternatif,” kata Peskov kepada wartawan ketika ditanya tentang pengeluaran Rusia pada latihan Vostok.

Baca: Rusia Ungkap Kapal AS Bawa 28 Roket Tomahawk untuk Serangan Kimia Palsu di Suriah

Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan bahwa sekitar 300.000 prajurit, 36.000 tank, pengangkut personel lapis baja dan kendaraan lainnya, lebih dari seribu pesawat akan terlibat dalam latihan militer Vostok-2018 yang ditetapkan untuk menjadi latihan militer terbesar Rusia sejak Latihan Zapad pada tahun 1981.

Rusia, bersama Iran dan Turki, adalah penjamin rezim gencatan senjata di Suriah. Moskow juga telah membantu Damaskus baik melalui dukungan perjuangan melawan kelompok-kelompok teroris dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk negara yang dilanda krisis itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: