Eropa

Rusia: AS Berusaha Mendestabilisasi Venezuela Melalui Sanksi

Selasa, 29 Agustus 2017 – 13.17 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Rusia mengatakan bahwa sanksi anti-Venezuela yang diberlakukan oleh AS telah mengganggu keseimbangan internal negara tersebut dan menciptakan masalah ekonomi.

Baca: Venezuela Dilanda Krisis Pangan, Rusia Janjikan Kirim Bantuan Gandum

“Kami benar-benar menentang sanksi sepihak terhadap negara-negara berdaulat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, Sputnik melaporkan pada hari Senin (28/08/2017).

“Langkah terakhir mengenai tekanan finansial terhadap Venezuela dan Presiden Nicolas Maduro diperkenalkan oleh Washington pada saat negara tersebut menunjukkan tanda-tanda stabilisasi politik internal yang relatif setelah pemilihan Majelis Konstituante Nasional, demonstrasi jalanan sedikit mereda dan jadwal pemilihan yang akan datang, termasuk gubernur dan presiden, telah selesai,” tambahnya.

Baca: Russia Tegaskan, Venezuela Sebagai Mitra Utama

Pada hari Jumat, Presiden AS Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif yang melarang berurusan dengan Venezuela, sebuah tindakan yang diambil untuk menghentikan pembiayaan atas apa yang disebut oleh Gedung Putih “kediktatoran” Presiden Nicolas Maduro.

Maduro mengatakan AS berusaha melumpuhkan ekspor minyak melalui sanksi dan “blokade angkatan laut” di negara Amerika Latin tersebut. Dia juga mengatakan AS dan sekutu-sekutunya di kawasan tersebut sedang mengobarkan ketidakstabilan untuk menjatuhkan pemerintahannya.

Ketegangan politik di Venezuela meningkat baru-baru ini setelah Caracas mengumumkan rencana untuk membentuk Majelis Konstituante untuk mengambil alih parlemen yang dikuasai oposisi dan menulis ulang konstitusi. Pihak oposisi melihat langkah tersebut sebagai upaya terang-terangan oleh Maduro untuk mengumpulkan kekuasaan. Protes meletus di jalanan, dan bentrokan menyebabkan setidaknya 120 orang dari kedua belah pihak.

Baca: “Kudeta” di Venezuela

“Dalam situasi seperti ini, bagian sektoral yang diumumkan mengenai sektor keuangan dan minyak Venezuela cukup jelas ditujukan untuk mengurangi situasi di negara tersebut dan memperburuk masalah ekonominya,” tambah Zakharova. Dia menambahkan bahwa sanksi tersebut tidak akan mempengaruhi kehendak Rusia untuk bekerja sama dengan Venezuela.

“Kami akan dengan hati-hati menganalisis konsekuensi dari sanksi yang diberlakukan oleh AS dan dampak potensial mereka terhadap kepentingan bisnis Rusia dan Venezuela … Namun, sekarang kami dapat mengatakan bahwa mereka tidak akan dapat mempengaruhi kesediaan kami untuk mengembangkan dan meningkatkan kerjasama dengan Venezuela yang ramah dan rakyatnya,” tambahnya. Zakharova menambahkan Rusia siap menghadirkan bantuan politik untuk mengatasi situasi saat ini di Venezuela.

“Solusi tugas ini membutuhkan tidak sedikit bantuan politik dari luar … Kami siap berkontribusi pada penyelesaian di Venezuela sampai batas tertentu, dengan mengkondisikan perkembangan politik internal di negara itu,” tambahnya. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: